Cek Fakta: Detik-detik Kecelakaan Maut Vanessa Angel

Tangkapan layar (screenshot) rekaman video yang diunggah di Youtube dan menampilkan peristiwa kecelakaan lalu lintas yang diklaim sebagai kecelakaan mobil yang ditumpangi selebriti Vanessa Angel dan suamimnya di sebuah ruas tol di Jawa Timur.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA – Kanal Youtube WINANDA YT (https://bit.ly/3cafcpQ) pada 4 November 2021 mengunggah video yang memperlihatkan mobil putih melaju di tikungan dan menabrak tebing dengan judul “detik detik kecelakaan vanessa angel | rekaman kecelakaan di toll jawa timur

Diduga Kirim Santet ke Stevie Agnecya, Icha Annisa Ternyata Dulu Dekat dengan Vanessa Angel

HASIL CEK FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya video yang memperlihatkan mobil putih melaju di tikungan dan menabrak tebing yang diklaim sebagai rekaman detik-detik kecelakaan yang menimpa Vanessa Angel pada Kamis, 4 November 2021 merupakan klaim yang salah.

6 Angkatan Laut Paling Kuat di Dunia, Pernikahan Habib Rizieq

Faktanya, bukan video rekaman kecelakaan yang menimpa Vanessa Angel. Video mobil putih yang mengalami kecelakaan di tikungan dan menabrak tebing itu adalah rekaman CCTV pada Juli 2015, di salah satu ruas jalan di Meksiko.

Dilansir dari Cekfakta.com, penelusuran menggunakan situs padanan gambar Yandex mengarahkan ke kanal YouTube pada Februari 2016. Video itu diunggah kanal Joel Martinez. Judulnya berbunyi ”Choques en vivo autopistas de México CAPUFE SCT”.

Seruduk Towing di PIK 2, Pengemudi Pajero Terancam 6 Tahun Penjara

Unggahan itu merupakan gabungan dari beberapa video. Video yang diunggah pada akun WINANDA TV itu mirip dengan video pada menit ke 2:07. Keterangan pada video menyebutkan dengan jelas bahwa insiden mobil putih oleng di tikungan itu terjadi pada 19 Juli 2015 pukul 12.25 waktu setempat.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kombes Pol Gatot Repli Handoko menerangkan, kecelakaan bemula saat mobil Pajero dengan nomor polisi (nopol) B 1264 BJU melaju dari arah Jakarta melalui Toll Road Jombang-Mojokerto. Kendaraan secara tiba-tiba menghantam beton pembatas sebelah kiri.

“Kendaraan Pajero akhirnya terpelanting dan berputar berhenti di lajur cepat,” kata dia dalam keterangan tertulis, Kamis (4/11/2021).

Dari keterangan tersebut, mobil yang Vanessa Angel tidak keluar jalur tol seperti yang terlihat di video yang diunggah sumber klaim.

KESIMPULAN

BUKAN video rekaman kecelakaan yang menimpa Vanessa Angel pada Kamis, 4 November 2021. Video mobil putih yang mengalami kecelakaan di tikungan dan menabrak tebing itu adalah rekaman CCTV pada Juli 2015, di salah satu ruas jalan di Meksiko.

RUJUKAN

https://cekfakta.com/focus/7831

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya