Cek Fakta: Mahkamah Agung AS Batalkan Vaksinasi Massal

Tangkapan layar sebuah akun Whatsapp yang menyebarkan narasi bahwa Mahkamah Agung Amerika Serikat telah membatalkan vaksinasi universal.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA – Beredar sebuah narasi melalui pesan Whatsapp yang mengatakan bahwa Mahkamah Agung Amerika Serikat telah membatalkan vaksinasi universal. Narasi tersebut juga mengatakan bahwa gugatan untuk membatalkan vaksinasi universal diajukan oleh Robert F. Kennedy Jr.

Jokowi Tegaskan Freeport Bukan Milik Amerika Lagi, tapi Indonesia

HASIL CEK FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim itu tidak benar. Melansir dari situs Usatoday.com, tidak ada catatan yang menunjukkan adanya pembatalan vaksinasi dari Mahkamah Agung Amerika Serikat, sebagaimana diterbitkan dalam sebuah artikel yang berjudul “Fact check: False claim about Supreme Court and vaccination” yang rilis pada 29 Mei 2021.

Edi Purwanto Paparkan Kinerja DPRD Jambi di Hadapan Wakil Konsul AS

Dengan demikian, narasi dalam pesan Whatsapp yang mengatakan bahwa Mahkamah Agung Amerika Serikat telah membatalkan vaksinasi universal tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

KESIMPULAN

AS Tuntut 7 Warga China atas Peretasan Jahat yang Disponsori Negara

Hal tersebut tidak benar. Melansir dari situs usatoday.com, tidak ada pembatalan vaksinasi dari Mahkamah Agung Amerika Serikat.

RUJUKAN

https://cekfakta.com/focus/7868

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya