Cek Fakta: Video Bayi Hasil Rekayasa Genetika

Tangkapan layar (screenshot) sebuah video yang memperlihatkan gambar yang disebut sebagai penampakan bayi hasil modifikasi genetika.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA – Beredar sebuah video yang memperlihatkan gambar yang disebut sebagai penampakan bayi hasil modifikasi genetika. Video itu diunggah di salah satu akun Facebook pada 19 September 2021.

Cekcok dengan Istri, Seorang Pria di Surabaya Banting Bayinya yang Berusia 6 Hari

Klaim video penampakan bayi hasil modifikasi genetika yang diunggah menampilkan seorang bayi dengan kulit mengelupas. Video itu diberi keterangan: "Inilah hasil Modifikasi Genetika. Akhirnya melahirkan Trans Human. #StopVax"

HASIL CEK FAKTA

Selamat! Dude Harlino dan Alyssa Soebandono Dikaruniai Anak Ketiga

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim video penampakan bayi hasil modifikasi genetika dengan menggunakan Yandex, pencarian mengarah pada sejumlah situs, salah satunya scorneddeity.com.

Situs scorneddeity.com memuat sejumlah foto yang identik dengan klaim itu. Di dalam situs terdapat keterangan "PATHOMECHANISMS OF HARLEQUIN ICHTHYOSIS AND ABCA"

Warga Dikejutkan Penemuan Mayat Bayi Laki-laki di Kali Cikeas

Penelusuran dilanjutkan menggunakan Google Search dengan kata kunci 'harlequin ichthyosis baby.' Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Harlequin ichthyosis" yang dimuat situs Medlineplus.gov.

Situs situs Medlineplus.gov menyebutkan, Ichthyosis harlequin adalah kelainan genetik parah yang terutama memengaruhi kulit. Bayi dengan kondisi itu dilahirkan dengan kulit yang sangat keras dan tebal menutupi sebagian besar tubuhnya.

Kulitnya membentuk lempengan besar berbentuk berlian yang dipisahkan oleh retakan dalam (celah). Kelainan kulit ini memengaruhi bentuk kelopak mata, hidung, mulut, dan telinga, serta membatasi pergerakan lengan dan kaki. Gerakan dada yang terbatas dapat menyebabkan kesulitan bernapas dan gagal napas.

Kulit biasanya membentuk penghalang pelindung antara tubuh dan lingkungan sekitarnya. Kelainan kulit yang terkait dengan harlequin ichthyosis mengganggu penghalang ini, sehingga lebih sulit bagi bayi yang terkena untuk mengontrol kehilangan air, mengatur suhu tubuh mereka, dan melawan infeksi.

KESIMPULAN

Bayi dalam video itu mengalami Ichthyosis Harlequin, yaitu kelainan genetik parah yang terutama memengaruhi kulit, bukan modifikasi genetika.

RUJUKAN

https://cekfakta.com/focus/7869

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya