Cek Fakta: Aliansi Dokter Dunia Mengatakan Varian Delta Tidak Ada

Tangkapan layar (screenshot) akun Facebook yang mengunggah video yang memuat klaim bahwa aliansi dokter dunia menyatakan varian baru COVID-19 dari India, dinamai Delta, tidak ada.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA – Beredar sebuah narasi melalui grup Facebook Penipuan CORONA Yg Menyesatkan oleh akun Agung Sedayu yang mengatakan bahwa COVID-19 varian Delta tidak ada. Akun itu juga mencantumkan sebuah video yang mengatakan bahwa varian Delta hanyalah politik ketakutan yang merampas kebebasan.

Puluhan Orang Didenda Gara-gara Mencuci Mobil

“Aliansi dokter dunia menyatakan bahwa VARIAN DELTA (INDIA) TIDAK ADA”

HASIL CEK FAKTA

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim itu tidak benar. Dilansir dari Cekfakta.com, epidemiolog pada Universitas Gadjah Mada (UGM), Bayu Satria Wiratama, mengatakan bahwa varian Delta terbukti ada dan berasal dari India. WHO mengatakan bahwa varian itu berasal dari India, namun penamaannya diganti sehingga tidak terikat satu negara.

Dengan demikian, narasi yang diunggah pada grup Facebook Penipuan CORONA Yg Menyesatkan oleh akun Agung Sedayu tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

KESIMPULAN

Klaim itu tidak benar. Sebagaimana dilansir dari Cekfakta.com, epidemiolog pada Universitas Gadjah Mada (UGM), Bayu Satria Wiratama, mengatakan bahwa varian Delta terbukti ada dan berasal dari India.

RUJUKAN

https://cekfakta.com/focus/7907

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya