Cek Fakta: Megawati dan Prabowo Sepakat Calonkan Ganjar

Sebuah kanal Youtube mengunggah video dengan keterangan bahwa Megawati Soekarnoputri dan Prabowo Subianto bersepakat mencalonkan Ganjar Pranowo sebagai presiden pada pemilu tahun 2024.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA – Kanal Youtube bernama PAKDE TV mengunggah video dengan judul “Berita Terkini ~ Resmi?Megawati Bersama Prabowo Akhirnya Sepakat, Ganjar Resmi Diusung 2 Partai Ini!” pada 25 November 2021. Pada bagian thumbnails tertulis narasi “BREAKING NEWS!!! MEGA CALONKAN GANJAR ! KONFERENSI PERS DISIARKAN LANGSUNG.”

Prabowo Ingin Bentuk 'Executive Heavy" dengan Rangkul Semua Parpol, Kata Peneliti BRIN

HASIL CEK FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran, isi video tidak sesuai dengan judul video dan narasi thumbnails video. Isi video merupakan hasil suntingan video dan pembacaan berita artikel dari beberapa media.

Netizen Murka Disebut Suara Paslon 02 Nol: Mungkin Aku yang Dimaksud Angin Tak ber-KTP

Video yang dicuplik berasal dari video berjudul “Pandangan Pengamat Politik Soal Pertemuan Prabowo, Puan Maharani & Megawati | Kabar Petang tvOne” yang tayang di Kanal Youtube tvOneNews pada 20 November 2021 dan video berjudul “Ganjar Pranowo Belum Pikirkan Pilpres 2024” yang tayang di kanal Youtube BeritaSatu pada 24 November 2021. Dari kedua video tersebut tidak ditemukan pernyataan dari Megawati Soekarnoputri selaku Ketua Umum PDIP akan mengusung Ganjar Pranowo.

Artikel pertama yang dibacakan ialah artikel berjudul “Strategi Jokowi-Luhut Buka Peluang Ganjar Capres 2024 Pasca Pertemuan Megawati, Prabowo dan Puan” yang tayang di Surabaya.tribunnews.com pada 22 November 2021. Dalam artikel itu tidak ada pernyataan dari pihak Megawati maupun Prabowo Subianto tentang pencalonan Ganjar Pranowo.

Momen Akrab Prabowo dan Jokowi di Acara Bukber di Istana Negara

Artikel kedua yang dibacakan yakni artikel berjudul “Deklarasi Dukung Ganjar Dibanding Puan, Joman Bantah Dapat Bisikan dari Jokowi” yang tayang di Rmoljabar.id pada 24 November 2021. Dalam artikel itu hanya membahas mengenai dukungan Relawan Jokowi Mania (Joman) kepada Ganjar Pranowo untuk maju Pilpres 2024. Tidak ada kutipan pernyataan Megawati dalam artikel itu.

Artikel ketiga yang dibacakan adalah artikel dengan judul “Menggebrak Sumbar, Relawan Ganjar Pranowo Klaim Diterima Masyarakat Tradisional Religius” yang tayang di Politik.rmol.id pada 24 November 2021. Artikel itu membahas deklarasi Relawan Ganjar Pranowo Mania (GP Mania) yang sebelumnya bernama Relawan Joman di Sumatera Barat. Tidak ada pernyataan Megawati di dalam artikel tersebut.

Dan, artikel keempat yang dibacakan ialah artikel berjudul “Deklarasi GP Mania 1 Sumbar: Ganjar Disebut Pemimpin Idaman Orang Minang” yang tayang di Jpnn.com pada 24 November 2021. Artikel itu membahas mengenai deklarasi Ganjar Pranowo Mania (GP Mania) di Sumatera Barat. Tidak ada pernyataan Megawati dalam artikel itu.

Berdasarkan penjelasan itu, maka dapat dipastikan belum ada pernyataan resmi Megawati Soekarnoputri ataupun Prabowo Subianto terkait pengusungan Ganjar Pranowo. Oleh karena itu, konten video dari kanal PAKDE TV itu masuk ke dalam kategori Konten yang Dimanipulasi.

KESIMPULAN

Belum ada pernyataan resmi dari pihak Megawati Soekarnoputri ataupun Prabowo Subianto mengenai pengusungan Ganjar Pranowo. Isi video merupakan hasil suntingan sejumlah video dan pembacaan artikel berita dari sejumlah media yang tidak ada pernyataan mengenai pengusungan Ganjar Pranowo.

RUJUKAN

https://cekfakta.com/focus/7913

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya