Heboh Film The Omicron Variant Dirilis Tahun 1963, Cek Faktanya

Beredar poster Film The Omicron Variant tahun 1963
Sumber :
  • IndiaToday

VIVA – Omicron, varian baru dari COVID-19 tengah dikhawatirkan akan menyebabkan gelombang ketiga COVID-19. Sejumlah negara telah melakukan pembatasan ketat dan penangguhan penerbangan dari sejumlah negara di Afrika menyusul merebaknya varian ini. 

Prilly Latuconsina Angkat Bicara Soal Film Horor Religi Indonesia yang Sedang Ramai Disorot

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO mengatakan varian Omicron saat ini menjadi perhatian global. Sedikitnya sebanyak 23 negara telah melaporkan kasus varian Omicron, dan diperikarakan angka tersebut akan bertambah. 

Berdasarkan laporan awal, varian yang terdeteksi awal di Afrika Selatan ini lebih cepat menular dibanding varian Delta.  

Heboh Soal Film Kiblat, Ustaz Adi Hidayat: Jangan Bertentangan dengan Moral

Di tengah fenomena ini, sebuah poster film 'The Omicron Variant' viral di media sosial. Dalam tagline poster tersebut mengatakan 'Hari Dimana Bumi Berubah Menjadi Kuburan'. Dikatakan bahwa film tersebut dirilis pada tahun 1963.

Poster yang diduga akan memicu teori konspirasi terkait COVID-19, sehingga memicu spekulasi netizen tentang pandemi yang telah direncanakan lama.

Perjuangan Berat Mawar De Jongh Demi Film Para Betina Pengikut Iblis 2

Dilansir IndiaToday, Jumat, 3 Desember 2021, Sutradara Ram Gopal Varma juga membagikan poster film tersebut, dengan mengunggah caption 'Percaya atau tidak..Film ini dirilis tahun 1963..periksa taglinenya'. 

Cek Fakta

Ruang cek fakta IndiaToday telah menemukan bahwa poster viral itu dibuat dengan mengedit poster film tahun 1974 berjudul "Phase IV". Becky Cheatle, seorang sutradara dan penulis Irlandia, mengaku telah membuat poster viral tersebut hanya untuk bersenang-senang. Tidak ada film dengan nama “The Omicron Variant”.

Becky Cheatle telah memberikan klarifikasi di Twitter atas poster tersebut pada 1 Desember 2021. Cheatle mengatakan telah membuat poster viral menggunakan photoshop, dan Ia terkejut setelah poster yang dibuatnya beredar di Twitter dengan bahasa Spanyol dan ditulis sebagai hoax. 

"Itu hanya kesalahan, karena saya pikir Omicron Variant terdengar seperti film fiksi ilmiah tahun 70-an. Tolong jangan menganggap serius lelucon bodoh saya. Terima kasih," tulisnya di Twitter

Dari penelusuran lain juga ditemuan poster versi asli sebelum diedit di photoshop. Judul asli film tersebut ditulis dalam bahasa Spanyol sebagai "SUCESOS EN LA IV FASE", dan bukan "The Omicron Variant". Sesuai deskripsi, itu menunjukkan poster film berjudul "Phase IV".

Hoax film The Omicron Variant tahun 1963

Photo :
  • IndiaToday

Dilansir IMDb, film tersebut mengisahkan semut gurun tiba-tiba membentuk kecerdasan kolektif dan mulai berperang melawan penduduk. Dua ilmuwan dan seorang gadis tersesat, mereka selamat dari kawanan semut gurun dan berniat menghancurkan mereka. 

Dari poster asli film tersebut memang ditemukan tagline, "Hari Dimana Bumi Diubah Menjadi Kuburan' 

Pencarian di IMDb mengungkapkan dua film dengan judul "Omicron". Salah satunya berjudul “Omicron” yang dirilis pada tahun 1963. Film bergenre komedi itu pun tidak bercerita tentang virus tapi tentang sosok alien yang mengambil alih tubuh manusia.  

Film lainnya adalah film yang dirilis tahun 2013 berjudul “The Visitor from Planet Omicron”. Namun, tidak ada film yang memiliki plot yang berkaitan dengan pandemi apa pun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya