Cek Fakta: Eks Danjen Kopassus Sebut Buzzer Anies Pemakan Bangkai

Tangkapan layar (screenshot) akun Facebook yang mengunggah foto sebuah artikel berjudul “Eks Danjen Kopassus Sebut Buzzer Anies Makhluk Pemakan Bangkai, Tukang Fitnah dan Adu Domba”.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA – Akun Facebook bernama Pen Jin mengunggah foto tangkapan layar sebuah artikel dari beritaislam[dot]org berjudul “Eks Danjen Kopassus Sebut Buzzer Anies Makhluk Pemakan Bangkai, Tukang Fitnah dan Adu Domba”, disertai foto Soenarko yang merupakan mantan Danjen Kopassus pada sampul artikel.

Ogah Usung Anies di Pilgub Jakarta, Gerindra: Kita Punya Jagoan Lebih Muda dan Fresh

HASIL CEK FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran pada portal beritaislam[dot]org, ditemukan artikel identik berjudul Eks Danjen Kopassus Sebut Buzzer Makhluk Pemakan Bangkai, Tukang Fitnah dan Adu Domba”, pada 22 Juni 2021. Pada judul dan isi artikel tidak terdapat komentar Eks Danjen Kopassus terkait buzzer Anies.

Anies Baswedan Direstui Maju Pilkada Jakarta, Cak Imin: PKB Belum Membahas

Dalam isi artikelnya, Mantan Danjen Kopassus, Mayjen (Purn) Soenarko mengomentari para buzzer sebagai makhluk pemakan bangkai lantaran gemar memfitnah dan adu domba sesama anak bangsa. Para buzzer dianggap sebagai pembuat gaduh di tengah masyarakat Indonesia tanpa ada tindakan yang nyata dan adil.

Dalam komentarnya, ia menuduh bahwa buzzer menyerang kelompok Islam dan melakukan adu domba antar umat beragama. Dia merasa saat ini sudah banyak korban fitnah dari gerakan buzzer di Indonesia.

Megawati Ajukan Diri Jadi Amicus Curiae, Anies Bilang "Situasinya Memang Amat Serius"

Berdasarkan penelusuran di atas, judul artikel tersebut sudah diubah konteksnya seolah-olah mantan Danjen Kopassus Mayjen (Purn) Soenarko hanya mengomentari buzzer pihak Anies.

KESIMPULAN

Judul yang salah. Faktanya, mantan Danjen Kopassus tidak ada menyebut nama Anies, melainkan hanya buzzer secara umum tanpa menyebut nama yang spesifik.

RUJUKAN

https://cekfakta.com/focus/8003

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya