Cek Fakta: Video Detik-detik Erupsi Gunung Anak Krakatau

Tangkapan layar (screenshot) video yang diklaim sebagai rekaman detik-detik Gunung Anak Krakatau.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA – Akun TikTok dengan nama pengguna “satriacombat” mengunggah sebuah video yang menunjukkan letusan sebuah gunung. Dalam video itu juga dicantumkan narasi yang menyebutkan bahwa video tersebut merupakan rekaman detik-detik erupsi Gunung Anak Krakatau pada 4 Februari 2022.

Status Gunung Ruang Turun Jadi Siaga, Bandara Sam Ratulangi di Manado Kembali Beroperasi

“VIRAL
DETIK – DETIK ANAK KRAKATAU MELETUS TEREKAM KAMERA

Rekaman detik – detik anak Krakatau erupsi tersebut hari ini, 04 Februari 2022 16.30 WIB dari kamera ponsel ABK KAPAL TNI – AL dan sempat membuat panik.”

Aktivitas Gunung Ruang Mereda, Operasional Bandara Sam Ratulangi Kembali Normal

HASIL CEK FAKTA

Dilansir dari Cekfakta.com, Pelaksana Tugas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi BNPB, Abdul Muhari, menegaskan bahwa video itu tidak diambil pada saat erupsi Gunung Anak Krakatau pada 4 Februari 2022, melainkan diambil ketika erupsi Gunung Anak Krakatau pada 30 Desember 2018. Video serupa sebelumnya pernah diunggah oleh laman Facebook iNews pada 3 Januari 2019.

Belasan Kali Erupsi di Gunung Api Ile Lewotolok Lembata NTT

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun TikTok dengan nama pengguna “satriacombat” itu dapat dikategorikan sebagai Konteks yang Salah/False Context.

KESIMPULAN

Bukan video erupsi Gunung Anak Krakatau pada 4 Februari 2022. BNPB menegaskan bahwa video itu diambil ketika erupsi Gunung Anak Krakatau pada 30 Desember 2018.

RUJUKAN

https://cekfakta.com/focus/9149

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya