Cek Fakta: Minyak Diklaim Islami Ternyata Terbuat dari Minyak Babi

Tangkapan layar (sreenshot) pesan percakapan Whatsapp dengan foto penampakan minyak goreng ASRI yang diklaim sebagai produk islami tetapi ternyata terbuat dari minyak babi.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA – Beredar pesan di aplikasi percakapan Whatsapp dengan foto penampakan minyak goreng ASRI yang diklaim sebagai produk islami tetapi ternyata terbuat dari minyak babi.

Menciptakan Produk Berkelanjutan Bukan soal Ramah Lingkungan Saja

Berikut narasi dalam pesan itu:

“klo di lihat memang bagus terkesima dg nama “ASRI” seakan akan Islami, padahal minyak goreng ini terbuat dari minyak babi…produksi LEONG HUP produk baru yg di beri nama “”ASRI” dr malaka…adalah china terkaya yg punya peternakan BABI terbesar di Malaka…oleh karena itu tlg sebarkan / viralkan ke semua saudara” muslim di seluruh nusantara”

Apple Hapus Aplikasi WhatsApp dari App Store

HASIL CEK FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim adanya minyak goreng produk Leong Hup dengan merek Asri merupakan minyak yang terbuat dari minyak babi merupakan klaim yang menyesatkan.

WhatsApp Punya Fitur Menemukan Pesan dengan Cepat

Faktanya, selain bukan produk dari LEONG HUP, minyak goreng dengan merek ASRI ini telah terdaftar lembaga halal Malaysia. Produk itu merupakan keluaran Syarikat Asri Vegetable Oil Products Sdn Bhd.

Klaim itu merupakan hoaks lama yang beredar kembali. Sebelumnya sudah pernah diperiksa faktanya di artikel berjudul [SALAH] “minyak goreng ASRI produksi LEONG HUP terbuat dari minyak babi” dan [SALAH] Minyak Goreng ASRI di Produksi oleh Leong Hup Terbuat dari Minyak Babi yang terbit di situs turnbackhoax.id

Dilansir dari kedua artikel itu, minyak goreng ASRI ini terdaftar di situs halal.gov.my dengan produk MINYAK MASAK RBD PALM OLEIN dan merk ASRI, CAP 235.

Selain itu, Leong Hup juga terdaftar dalam situs portal halal Malaysia dan diketahui tidak memproduksi minyak goreng dari minyak babi ataupun memiliki peternakan babi terbesar di Malaka. Perusahaan itu berpusat di Malaysia yang memiliki peternakan ayam serta menjual produk olahan ayam dengan beberapa nama merek seperti Sunny Gold.

KESIMPULAN

Selain BUKAN produk dari LEONG HUP, minyak goreng dengan merek ASRI ini telah terdaftar lembaga halal Malaysia. Produk itu merupakan keluaran Syarikat Asri Vegetable Oil Products Sdn Bhd.

RUJUKAN

https://cekfakta.com/focus/9421

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya