Cek Fakta: Mikael Si Kucing Ukraina Ungkap Lokasi Empat Sniper Rusia

Tangkapan layar (screenshot) satu akun Twitter yang mengunggah cuitan berupa foto seekor kucing bersama seorang tentara dengan klaim bahwa si kucing mengungkap empat lokasi empat penembak jitu Rusia.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA – Akun Twitter Grild Cheez (@grild_cheez) mengunggah cuitan berupa foto seekor kucing bersama seorang tentara dengan narasi bahwa kucing itu bernama Mikael yang dengan sendirian mengungkap 4 lokasi 4 penembak jitu (sniper) Rusia.

Viral Pemudik Taruh Kucing di Atap Mobil, Netizen: Kendaraan Elit Kandang Sulit

HASIL CEK FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran, foto kucing itu telah beredar sebelum perang antara Rusia dan Ukraina. Foto itu sebelumnya pernah diunggah oleh akun Twitter UkARMY cats & dogs (@Uaarmy_animals) pada 25 Juli 2018. Selain itu, mengutip dari AFP, menurut mantan direktur Institut Perang Modern di West Point yang pernah menjabat sebagai penasihat pertahanan untuk Ukraina, Liam Collins, klaim cuitan itu bagaikan “complete garbage”.

Dave Laksono Sebut Partainya Vladimir Putin Puji Airlangga Hartarto Menangkan Golkar di Pemilu 2024

“Saya tidak bisa membayangkan seekor kucing dilatih untuk mengikuti pasukan di sekitar dan menunggu laser. Penembak jitu sejati tidak akan memberikan posisi mereka,” kata Collins kepada AFP.

Dengan demikian, cuitan akun Twitter Grild Cheez (@grild_cheez) dikategorikan sebagai Konteks yang Salah.

5 Negara Eropa yang Memiliki Kekuatan Militer Terkuat, Ada yang Masih Berperang

KESIMPULAN

Faktanya, foto itu telah beredar sejak tahun 2018 dan di luar konteks perang Rusia-Ukraina yang terjadi pada tahun 2022.

RUJUKAN

https://cekfakta.com/focus/9505

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya