Cek Fakta: Marquez Diurut di Sulawesi usai Kecelakaan di Mandalika

Tangkapan layar (screenshot) satu akun Facebook yang mengunggah sebuah foto hasil olah digital yang memperlihatkan seolah-olah pebalap Marc Marquez sedang menjalani terapi urut usai kecelakaan di sirkuit Mandalika.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA – Satu akun Facebook bernama Dirham Jombe mengunggah foto pebalap MotoGP Marc Marquez disertai narasi yang menyebutkan bahwa pebalap asal Spanyol itu sedang berada di Batukaropa, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, untuk mejalani terapi urut.

Tukul Arwana Masih Rutin Jalani Terapi, Anak Minta Doa

“Marc marquez skrg lagi berada di batukaropa kabupaten bulukumba untuk di urut.”

HASIL CEK FAKTA

Meyakini Kebangkitan Marc Marquez di MotoGP Spanyol 2024

Marquez absen dari gelaran MotoGP seri ke-2 di sirkuit Mandalika pada 20 Maret 2022 akibat kecelakaan yang cukup hebat saat lap pemanasan. Akibat kejadian itu Marquez harus dibawa ke rumah sakit karena mengalami beberapa cedera.

Namun kabar Marc Marquez yang melakukan terapi urut untuk mengobati cedera yang dialaminya merupakan informasi yang tidak benar. Gambar yang menjadi sumber hoaks merupakan hasil olah digital yang dilakukan oleh akun Instagram @malinsamiak sebagai bentuk candaan. Belakangan gambar itu digunakan oleh warganet untuk menyebarkan narasi bahwa Marc Marquez sedang menjalani terapi urut dengan tempat yang berbeda-beda.

Video Marc Marquez Kecelakaan saat Pimpin Balapan hingga Gagal Finis di MotoGP Amerika 2024

Dengan demikian informasi Marc Marquez yang melakukan terapi urut di Bulukumba merupakan informasi yang tidak benar dan masuk ke dalam kategori Satire atau Parodi.

KESIMPULAN

Kabar itu hanyalah candaan atau parodi yang dibuat oleh warganet. Gambar yang menunjukan Marc Marquez sedang diurut merupakan gambar olah digital oleh akun Instagram @malinsamiak.

RUJUKAN

https://cekfakta.com/focus/9499

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya