Cek Fakta: Wali Si Sniper Kanada Tewas di Tangan Pasukan Khusus Rusia

Tangkapan layar (screenshot) unggahan di Facebook dengan narasi bahwa penembak jitu paling mematikan dari Kanada yang bertempur di Mariupol, Ukraina, tewas dibunuh Rusia hanya dalam waktu 20 menit.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA – Klaim bahwa penembak paling mematikan dari Kanada yang bertempur di Mariupol, Ukraina, tewas dibunuh Rusia hanya dalam waktu 20 menit, beredar di Facebook sejak 16 Maret 2022. Klaim itu beredar di tengah masih panasnya konflik Rusia dan Ukraina.

Ribuan Produk Kerajinan RI Bakal Banjiri Pasar Kanada

Unggahan itu berupa kolase 3 foto seorang sniper Kanada bernama Wali dengan teks: “Canadian Sniper Wali dubbed the World’s deadliest Sniper is dead. Killed by Russian Special Ops Forces just 20 minutes after going into action in Mariupol, Ukraine.

Akun pengunggah foto itu memberikan narasi, “Baru turun saja sudah diupload ke media sosial. Dia kira medan tempur itu kayak tanah yg sepi di pertanian di Kanada.”

Demi Alasan Keamanan, Polandia Siap Tampung Senjata Nuklir NATO

Benarkah sniper Kanada itu tewas?

HASIL CEK FAKTA

Di Kanada Peluk Kucing Digaji Rp 100 Juta, Minat Daftar?

Berdasarkan hasil penelusuran melacak pemberitaan media, terutama di Kanada, untuk memverifikasi informasi itu, dari dua media di Kanada, dapat diketahui bahwa Wali masih hidup. Dia juga tidak bertempur di Mariupol, melainkan di Kyiv. 

Dikutip dari CBC News Canada, Wali mengatakan dia baru kembali ke lokasi yang aman di Ukraina pada Senin lalu, setelah seminggu memerangi pasukan Rusia di garis depan di wilayah Kyiv. Ketika dia menyalakan teleponnya, dia menemukan ratusan pesan penting dari orang-orang yang yakin dia telah terbunuh.

Istri, ayah, dan temannya mengirim pesan panik mencoba mengonfirmasi bahwa dia masih hidup. "Saya hidup, seperti yang Anda lihat," kata Wali dalam panggilan video Selasa. "Tidak ada satu goresan pun.

"Saya orang terakhir yang tahu tentang kematian saya."

Informasi yang salah tentang Wali telah beredar selama berminggu-minggu di Kanada, termasuk klaim bahwa dia adalah penembak jitu paling mematikan di dunia dan memegang rekor untuk tembakan membunuh jarak jauh.

Unggahan di VKontakte, situs media sosial Rusia yang sekarang dikenal sebagai VK, mengklaim bahwa Wali telah dibunuh oleh pasukan khusus Rusia 20 menit setelah ia tiba di Mariupol, kota pelabuhan selatan yang telah dikepung oleh pasukan Rusia.

'Ini sangat amatir. Saya belum pernah melihat Mariupol dalam hidup saya," kata Wali (CBC News telah setuju untuk mengidentifikasi dia hanya dengan nama aliasnya untuk melindungi keselamatan keluarganya).

"Saya tidak mengerti mengapa mereka melakukan ini karena ini sangat amatir."

Wali juga membantah klaim bahwa dia adalah penembak jitu paling mematikan di dunia. Beberapa minggu yang lalu, katanya, dia bekerja sebagai programmer komputer di Kanada dan tidak aktif pelatihan.

"Saya penembak jitu yang baik," kata Wali. “Tidak kurang, tidak lebih ... Saya belum membunuh orang Rusia. Saya membantu melakukannya karena penembak jitu melakukan banyak pengamatan, pelaporan."

Wali mengatakan bahwa, selama seminggu terakhir, dia melihat pasukan Rusia tanpa pandang bulu menembaki segala sesuatu di jalan mereka.

Wali mengatakan kepada CBC News bahwa dia masih mencoba untuk menanggapi pesan dari orang-orang yang mendengar bahwa dia telah meninggal. Beberapa teman telah mengajukan pertanyaan tentang riwayat pribadinya untuk menguji identitasnya, katanya. Yang lain telah meminta foto atau video untuk membuktikan bahwa dia masih hidup, katanya.

Marcus Kolga dari Macdonald-Laurier Institute menjalankan platform pemantau disinformasi asing dan penyangkalan Kanada. Dia menyelidiki kasus Wali dan mengatakan itu jelas "disinformasi pemerintah Rusia."

"Tujuan dari narasi ini adalah untuk mendiskreditkan dan mengecilkan hati sukarelawan asing," kata Kolga. "Ini juga dimaksudkan untuk menunjukkan kepada orang-orang Rusia kekuatan operasi Rusia."

Berita yang sama dimuat oleh Global News Canada. Kepada media ini, Wali mengatakan, “cukup makan, istirahat dan semuanya baik-baik saja.”

Meskipun dia tidak tahu dari mana rumor itu berasal, dia mengatakan bahwa itu adalah kejutan baginya ketika dia keluar dari garis depan beberapa hari yang lalu.

"Saya adalah orang terakhir yang mengetahui berita bahwa saya telah meninggal," katanya.

“Saya pikir itu hanya trolling. Tapi menurut saya aneh karena lama kelamaan musuh akan kehilangan kredibilitas dengan propaganda ini. Saya tidak mengerti mengapa mereka mendorong kebohongan seperti itu. Ini cukup jelas karena setelah beberapa hari saya muncul dan memberi tahu semua orang bahwa saya masih hidup.”

Dia mengatakan dia bertempur bersama Angkatan Bersenjata Ukraina yang "luar biasa", dengan mitra Kanada-nya, dan dalam beberapa hari terakhir kelompok itu telah mengambil alih dan membuat "kemajuan melawan musuh" di wilayah tempat mereka bertempur. Kelompoknya telah menembak orang tetapi dia belum melakukannya.

KESIMPULAN

Berdasarkan pemeriksaan fakta, klaim Sniper Kanada Bernama Wali Tewas Hanya 20 Menit di Tangan Pasukan Khusus Rusia adalah keliru. Dari dua media di Kanada, dapat diketahui bahwa Wali masih hidup. Dia juga tidak bertempur di Mariupol, melainkan di Kyiv.

RUJUKAN

https://cekfakta.com/focus/9517

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya