Cek Fakta: Kakek Gendong Kucing Jadi Korban Serangan Rusia di Ukraina

Tangkapan layar (screenshot) sebuah akun Facebook mengunggah foto yang memperlihatkan seorang kakek menggendong seekor kucing yang disertai keterangan bahwa kakek itu menjadi korban serangan Rusia di Ukraina.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA – Beredar sebuah foto di Facebook yang menunjukkan seorang kakek memegang kucingnya, melalui narasi pada foto itu diklaim merupakan korban dari serangan Rusia di Ukraina pada Maret 2022. Foto dengan klaim itu dibagikan di internet sejak 11 Maret 2022.

AS Ngaku Sudah Tahu Israel Akan Serang Iran, Tapi Tidak Setuju

HASIL CEK FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim itu salah. Faktanya, foto itu merupakan foto lama yang sudah tersebar di internet sejak 2018. Kejadian yang dialami kakek dengan kucingnya ituersebut merupakan kebakaran di rumahnya, Turki, pada tahun 2018 dan tidak ada kaitannya dengan konflik yang sedang berlangsung di Ukraina.

Daftar Negara Sekutu Iran yang Siap Bantu Jika Perang Terjadi, Ada China hingga Rusia

Dengan demikian klaim Foto kakek menggendong kucing menjadi korban serangan Rusia di Ukraina merupakan informasi yang keliru dan termasuk ke dalam kategori konteks yang salah.

KESIMPULAN

Ledakan Terdengar di Irak hingga Suriah Imbas Serangan Israel ke Iran

Klaim itu salah dan foto itu merupakan foto yang sudah lama tersebar dan merupakan seorang kakek dengan kucingnya di lokasi kebakaran di Turki pada tahun 2018.

RUJUKAN

https://cekfakta.com/focus/9527

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya