Cek Fakta: TKA China Ikut Pengamanan Demo Mahasiswa 11 April 2022

Tangkapan layar (screenshot) unggahan sebuah foto dengan keterangan bahwa TKA China mengambil bagian dalam pengamanan demonstrasi mahasiswa menyebar di internet pada hari saat mahasiswa berunjuk rasa pada Senin, 11 April 2022.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA – Sebuah foto dengan narasi bahwa tenaga kerja asing (TKA) asal China mengambil bagian dalam pengamanan demonstrasi mahasiswa menyebar di internet pada hari saat mahasiswa berunjuk rasa pada Senin, 11 April 2022. Foto itu dibagikan di Twitter. 

Terlalu Pro-China, AS Diduga Akan Intervensi Pemilu di Kepulauan Solomon

Foto itu menunjukkan tiga personel aparat keamanan dalam balutan seragam Brimob berwarna hitam sedang duduk di tepi jalan raya. Narasi akun yang menyebarkan foto itu, menulis:

AWAS !
Hati-hati & Waspada!!
Harus jeli, teliti & cermat!!!
Dimungkinkan TKA China ambil bagian pengamanan Demonstrasi Senin, 11 April 2022
Polisi Indonesia udh beringas dgn gugurnya 6 syuhada laskar FPI yg dibebaskan PN
Aplg TKA China berseragam Brimob !
Unjuk rasa mahasiswa tersebut untuk menuntut enam hal, di antaranya mendesak Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersikap tegas menolak penundaan Pemilu 2024 atau masa jabatan tiga periode, menuntut UU IKN dikaji ulang, dan menuntut pengusutan mafia minyak goreng. 

Ritel Fashion China Hadapi Ancaman Boikot di Tengah Tuduhan Eksploitasi Warga Uighur

HASIL CEK FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran Tempo menggunakan reverse image tools Google, sebagaimana dilansir dari Cekfakta.com, diketahui bahwa foto itu telah menyebar setidaknya pada 2019. 

5 Negara dengan Angkatan Udara Terkuat di Dunia Tahun 2024, Indonesia Gak Termasuk?

Dikutip dari artikel Cek Fakta Liputan6.com pada 22 Mei 2019, foto itu pernah beredar di tengah unjuk rasa yang memprotes hasil Pemilu di depan Bawaslu, 21-22 Mei 2022. Foto itu dibagikan di Facebook pada 22 Mei 2019 dengan narasi: 

“Perhatikan ! Waspada !!Aparat yang diterjunkan dari CINA! Indonesia jangan sampai kembali dijajah !Saudaraku sebangsa setanah air, saatnya Rakyat Indonesia Harus Bangkit, Bergerak dan Berjuang. AllohuAkbar..AllohuAkbar..”
Saat itu foto dengan narasi Brimob dari Cina banyak beredar di media sosial. Dalam foto lain yang menampakkan tiga brimob, juga diberi narasi bahwa mereka adalah impor dari Cina. 

Dalam konferensi pers, Kepala Subdirektorat II Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Komisaris Besar Rickynaldo Chairul di Mabes Polri, Jakarta, Jumat, 24 Mei 2019, saat itu membantah bahwa anggota Brimob itu adalah warga negara China. 

Dikutip dari Tempo, Kepolisian menghadirkan tiga polisi yang berada di foto saat konferensi pers kasus ini di Mabes Polri. Ketiga anggota Brimob itu, satu per satu membuka masker untuk menunjukkan wajahnya. Lalu, menjelaskan bahwa mereka berasal dari Brimob Polda Sumatera Utara.

Mereka adalah Briptu Raja Hiskia Rambe, Briptu Ib Benuh Habib, dan Briptu Gunawan Sinambela. Ketiganya menegaskan bahwa berita hoax yang menyebar di masyarakat itu tidak benar.

KESIMPULAN

Dari pemeriksaan fakta di atas, TKA China mengambil bagian dalam pengamanan demonstrasi mahasiswa Senin, 11 April 2022 adalah keliru. Foto itu telah menyebar pada 22 Mei 2019, saat demonstrasi menolak hasil pemilu di depan Bawaslu pada 2019.

RUJUKAN

https://cekfakta.com/focus/9598

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya