Cek Fakta: Penampakan Bigfoot di Purwokerto

Tangkapan layar (screenshot) sebuah akun Twitter mengunggah cuitan berupa beberapa foto yang diklaim sebagai penampakan bigfoot yang terlihat di Purwokerto pada 18 April 2022.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA – Akun Twitter Afat (@Afat3K) mengunggah cuitan berupa beberapa foto yang diklaim sebagai penampakan bigfoot yang terlihat di Purwokerto pada 18 April 2022.

Harta Kekayaan Elon Musk Lenyap Rp 45 Triliun dalam Sekejap, Ini Penyebabnya

Narasi:

“18-04-22. Penampakan Bigfoot terlihat oleh seorang warga di Purwokerto yang sedang memancing. “Nyong ndelok ireng-ireng gedi duwur tak kiro pemain NBA lha kok wulune akeh eh jebul bigfoot”, ucap Reza (32).”

Terpopuler: 6 Cara Buat Suami Bertahan di Atas Ranjang hingga 7 Manfaat Tempe bagi Kesehatan Tubuh

HASIL CEK FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran, unggahan yang sama sebelumnya diunggah oleh akun Facebook Kenny Walker pada 15 April 2022 dengan klaim penampakan bigfoot di Wilmer, Alabama, Amerika Serikat. Namun, unggahan itu viral dan bahkan mengundang respons dari kepolisian setempat. Mengutip dari situs radio 95.3 The Bear, Walker meminta maaf atas unggahannya yang sebenarnya ditujukan sebagai candaan April Fools.

Elon Musk Kirim 'Surat Cinta' untuk Pengguna Baru X

“It was all intended to be an April fools joke in my hometown of Wilmer, Alabama. I posted the pictures that have been circling the internet for years. The photos do have similarities to Big Creek Lake here in Mobile, Alabama. The story went way further than I had expected. Multiple radio stations throughout many states and news reporters ran with the story,” kata Walker.

Dengan demikian, cuitan akun Twitter Afat (@Afat3K) dikategorikan sebagai Konten Parodi.

KESIMPULAN

Faktanya, unggahan yang sama pertama kali diunggah oleh akun Facebook Kenny Walker pada 15 April 2022 dengan klaim penampakan bigfoot di Wilmer, Alabama, Amerika Serikat. Namun, sang pengunggah mengakui bahwa unggahan itu dimaksudkan sebagai candaan April Fools.

RUJUKAN

https://cekfakta.com/focus/9666

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya