Cek Fakta: Mahfud Md Sebut Jokowi Melebihi Jenderal Sudirman

Tangkapan layar (screenshot) akun Facebook mengunggah sebuah gambar artikel Merdeka.com dengan judul “Mahfud MD: Jokowi bapak pahlawan bangsa melebihi Jendral Sudirman” pada 16 April 2022.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA – Akun Facebook Apak Gau Digau mengunggah sebuah gambar tangkapan layar artikel milik Merdeka.com dengan judul “Mahfud MD: Jokowi bapak pahlawan bangsa melebihi Jendral Sudirman” pada 16 April 2022.

JK Sebut Golkar Partai Terbuka, Tak Masalah Jika Jokowi-Gibran Gabung

NARASI:
“Mahfud MD: Jokowi bapak pahlawan bangsa melebihi Jendral Sudirman”

Caption

Moeldoko: Otonomi Daerah Harus Lanjutkan Pembangunan Visi Jokowi

“SAYA SAMPAI BEREBUTAN MICROFON SAMA MARBOT MASJID PAK….UMTUK MEMBERI TAU APA YANG BAPAK BILANG ITU…PADA MASYARAKAT ..MASYARAKAT SANGAT KAGUM PADA KEPINTARAN BAPAK”

HASIL CEK FAKTA

Bakal Hijrah ke IKN, Presiden Prabowo dan Wapres Gibran Pakai Mobil Dinas Listrik?

Berdasarkan hasil penelusuran pada website Merdeka.com ditemukan informasi pada salah satu artikel berjudul “CEK FAKTA: Merdeka.com Dicatut, Judul Diedit Jadi Mahfud MD Sebut Jokowi Pahlawan” yang diunggah pada 18 April 2022 pukul 14.26, bahwa Redaksi Merdeka.com tidak pernah membuat artikel berjudul “Mahfud MD: Jokowi bapak pahlawan bangsa melebihi Jendral Sudirman” dan hal itu merupakan manipulasi. Sedangkan gambar Mahfud MD pada tangkapan layar di Facebook identik dengan foto pada artikel Merdeka.com berjudul “Mahfud MD: Penipuan Berkedok Investasi Ilegal Turunkan Kepercayaan Publik”.

Dengan demikian gambar tangkapan layar itu telah disunting pada bagian judul. Judul yang identik dengan gambar Mahfud MD ditangkapan layar adalah artikel “Mahfud MD: Penipuan Berkedok Investasi Ilegal Turunkan Kepercayaan Publik” dan Redaksi Merdeka.com tidak pernah membuat artikel dengan judul “Mahfud MD: Jokowi bapak pahlawan bangsa melebihi Jendral Sudirman”, sehingga hal tersebut masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

KESIMPULAN

Gambar itu telah disunting pada bagian judul. Faktanya, judul yang identik dengan gambar Mahfud MD adalah artikel “Mahfud MD: Penipuan Berkedok Investasi Ilegal Turunkan Kepercayaan Publik” dan Redaksi Merdeka.com tidak pernah membuat artikel dengan judul “Mahfud MD: Jokowi bapak pahlawan bangsa melebihi Jendral Sudirman”.

RUJUKAN

https://cekfakta.com/focus/9667

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya