Cek Fakta: Menteri Agama Perintahkan Masjid Diawasi Cegah Radikalisme

Akun Facebook Badai Kelabu mengunggah tangkapan layar berita merdeka.com berjudul “Menteri Yaqut: Minta polisi jaga masjid saat tarawih untuk cegah radikalisme”.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA – Akun Facebook Badai Kelabu mengunggah tangkapan layar berita Merdeka.com berjudul “Menteri Yaqut: Minta polisi jaga masjid saat tarawih untuk cegah radikalisme”.

Stafsus Menag Beberkan Upaya Kemenag Dukung Program Prioritas Pemerintah

Narasi:

“Allah hu akbar… Kenapa sih sebegitu benci nya terhadap kaum Muslim.. ya karimmm…. Segera turunkan azab mu ya Robb terhadap mereka mereka yg membenci Kami Kaum Muslimin….. Istajibbb Ya Robb….”

Menag Terbitkan Edaran, Penyuluh Agama dan Penghulu Diminta Dukung 4 Program Prioritas Pemerintah

Narasi dalam foto:

“Menteri Yaqut: Minta polisi jaga masjid saat tarawih untuk cegah radikalisme”

Taliban Plans to Block Facebook Access in Afghanistan

HASIL CEK FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran, tangkapan layar itu adalah hoaks. Merdeka.com mengklarifikasi tidak ada berita dengan judul seperti yang tertera dalam unggahan Facebook itu. Selain itu, ditemukan foto serupa pada artikel berita merdeka.com berjudul “Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas Sambangi KPK” terbit pada 3 Maret 2021. Kementerian Agama RI juga menerbitkan foto yang sama dengan tangkapan layar palsu dalam pers rilis “Tren Kasus Covid Turun, Menag Yaqut Minta Disiplin 5M Terus Diperkuat” pada 3 Maret 2021.

Dengan demikian, unggahan akun Facebook Badai Kelabu dikategorikan sebagai Konten Palsu.

KESIMPULAN

Faktanya, Merdeka.com mengonfirmasi bahwa tidak ada berita yang pernah diterbitkan oleh pihaknya dengan judul tersebut. Foto serupa seperti unggahan palsu itu digunakan merdeka.com pada berita berjudul “Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas Sambangi KPK” terbit pada 3 Maret 2021.

RUJUKAN

https://cekfakta.com/focus/9669

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya