Cek Fakta: Air Rebusan Rumput Paragis Dapat Sembuhkan Kanker

Tangkapan layar (screenshot) sebuah pesan digital yang memuat klaim informasi bahwa air rebusan rumput paragis dapat menyembuhkan sejumlah penyakit berat, di antaranya kanker, ginjal, radang sendi, dan lain-lain.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA – Beredar informasi di Facebook tentang manfaat rumput paragis untuk mengobati beberapa penyakit, salah satunya kanker ovarium atau miom.

Blak-blakan, Aldi Taher Ungkap Rahasia Sembuh dari Kanker

“Beberapa manfaat rumput Paragis adalah:

Aktivitas Anti Kanker

Heboh Kopi Tanpa Kafein, Disebut Mengandung Bahan Pemicu Kanker

Rumput Paragis memiliki aktivitas antikanker dan antioksidan yang membantu mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Ini dapat efektif menghilangkan mioma dan kista ovarium.

Olah dahulu rumput Paragis menjadi teh untuk dikonsumsi secara teratur pada pagi hari atau sebelum tidur di malam hari yang akan menghilangkan kista.

Bisa Picu Kanker, Ini Biang Kerok Penyebab Tingginya Kadar Bromat dalam Air Minum Kemasan

Penyakit Ginjal

Tanaman ini memiliki diuretik alami yang meningkatkan jumlah air dalam tubuh. Ini menghilangkan racun dan agen lain melalui urin yang membantu menjaga masalah ginjal.

Lebih jauh, ini akan bermanfaat untuk mengatasi masalah penyakit ginjal.

Bermanfaat untuk Luka, Radang Sendi dan Parasit

Radang sendi adalah penyakit umum yang ditemukan pada orang tua yang dapat dicegah ketika tanaman ini dioleskan pada daerah yang terkena sebagai manfaat rumput Paragis lainnya.

Carnya, masukan campuran tanaman ini dan kelapa parut sampai menjadi panas, dan balut pada daerah yang sakit. Ini juga dapat digunakan pada luka untuk menghentikan pendarahan. menjadi pencahar yang kuat, serta menghilangkan cacing dan parasit dari perut.

Diabetes dan Tekanan Darah Tinggi

Konsumsi rumput Paragis berbentuk teh setiap hari akan menghilangkan diabetes dan tekanan darah tinggi. Ini juga menurunkan suhu tubuh dengan memberikan bantuan dari demam dan juga menghilangkan ketombe dari rambut.
Tanaman ini juga berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit lain seperti hemoptisis, gangguan liver, gangguan kandung kemih, malaria, penyakit kuning, epilepsi dan kemandulan pada wanita.”

HASIL CEK FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran, Turnbackhoax.id pernah membahas isu terkait dengan judul “[SALAH] Rumput Paragis untuk Menyembuhkan Kanker” yang diunggah pada 22 Maret 2021. Pada artikel tersebut dijelaskan bahwa belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan rumput paragis (rumput belulang) dapat menyembuhkan pasien kanker.

Menurut penelitian yang dipublikasikan oleh jurnal farmasi, World Journal of Pharmautical Research (WJPR), rumput belulang dengan nama ilmiah Eleusine indica L. berkhasiat untuk pengobatan batuk, disentri, gangguan jantung, tekanan darah tinggi, keluhan limpa dan hati, kandung kemih dan batu ginjal, keseleo, dislokasi tulang dan sakit pinggang.

Dikutip dari Detik.com, menurut Direktur Pelayanan Kesehatan Tradisional Dr.dr. Ina Rosalina Dadan, Sp.A(K), M.Kes, MH.Kes, memang ada jenis herbal untuk diabetes dan hipertensi, namun belum ada obat herbal untuk penyembuhan kanker yang fitofarmaka (obat bahan alam yang telah dibuktikan keamanan dan khasiatnya secara ilmiah dengan uji tertentu).

Ina juga menambahkan bahwa obat herbal dapat meningkatkan kualitas hidup pasien kanker, membantu revitalisasi tubuh, bukan menyembuhkan atau menghilangkan sel kanker.

Berdasarkan penjelasan itu, klaim rumput Paragis dapat menyembuhkan kanker adalah salah, dan termasuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

KESIMPULAN

Menurut Direktur Pelayanan Kesehatan Tradisional, Dr.dr. Ina Rosalina Dadan, Sp.A(K), M.Kes, MH.Kes, rumput paragis atau obat herbal lainnya hanya dapat membantu revitalisasi tubuh akibat kemoterapi, bukan menyembuhkan atau menghilangkan sel kanker.

RUJUKAN

https://cekfakta.com/focus/9756

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya