Cek Fakta: Anies Baswedan Dapat Gelar Amirul Amanah dari Arab Saudi

Tangkapan layar (screenshot) akun Facebook mengunggah sebuah foto yang memperlihatkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengenakan jubah yang diklaim sebagai momen ketika Anies menerima gelar Amirul Amanah dari Arab Saudi.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA – Akun Facebook dengan nama pengguna “Sabar Jadi Panjaitan” (https://www.facebook.com/sabarjadi.panjaitan) mengunggah sebuah foto yang menunjukkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengenakan jubah berwarna hitam didampingi oleh dua orang lainnya. Unggahan itu disertai narasi yang menyatakan bahwa foto tersebut merupakan foto Anies saat menerima gelar Amirul Amanah dari Arab Saudi.

Kubu Prabowo-Gibran Sebut Pemilu Ulang Tak Ada di UU

“Alhamdulillah ya Rabb, Gubernur Indonesia, Anies Baswedan mendapat gelar “Amirul Amanah” (Pemimpin yg Amanah) dari Saudi Arabia.”

HASIL CEK FAKTA

Kubu Anies Tuding Pencalonan Gibran Tidak Sah, KPU: Mengada-ngada

Berdasarkan hasil penelusuran, foto itu bukan merupakan foto Anies Baswedan yang menerima gelar Amirul Amanah dari Arab Saudi, melainkan saat Anies menerima hadiah jubah dari seorang syekh di Jeddah pada tahun 2017. Foto serupa dapat ditemukan dalam artikel Kumparan yang berjudul “Anies Baswedan Dapat Hadiah Jubah dari Seorang Syekh di Jeddah” yang diunggah pada 8 September 2017.

Narasi serupa juga pernah beredar sebelumnya. Artikel dengan topik itu telah dimuat dalam situs Turnbackhoax.id dengan artikel berjudul “[SALAH] Anies Baswedan Dapat Gelar Amirul Amanah atau Pemimpin Yang Amanah” yang diunggah pada 8 Februari 2020.

Ternyata Ini Alasan Rumy Al Qahtani Ikut Miss Universe 2024 Wakili Arab Saudi

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Facebook dengan nama pengguna “Sabar Jadi Panjaitan” (https://www.facebook.com/sabarjadi.panjaitan) tersebut dapat dikategorikan sebagai Konteks yang Salah/False Context.

KESIMPULAN

Bukan foto Anies Baswedan yang menerima gelar Amirul Amanah dari Arab Saudi. Faktanya, foto itu merupakan foto Anies yang menerima hadiah jubah dari seorang syekh di Jeddah.

RUJUKAN

https://cekfakta.com/focus/9792

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya