Cek Fakta: Anies Baswedan Berkali-kali Salah Ucapkan Sumpah Jabatan

Tangkapan layar (screenshot) sebuah rekaman video yang menampilkan momen pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan dalam video itu disebutkan bahwa Anies mengulang-ulang kalimat sumpah.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA – Beredar sebuah rekaman video di media sosial Facebook yang menampilkan momen pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Di dalam video tersebut dapat dilihat bahwa saat mengucapkan sumpah, Anies mengulang sebanyak lebih dari tiga kali akibat kurang tepat mengulangi kalimat yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo.

DPP Berani Ungkap Indonesia sedang Dilanda Krisis Paling Berbahaya

“Ayo…Salah nya Dimana Sampai Harus Diulang2… Sumpah jabatan nya”

HASIL CEK FAKTA

Alasan Pemprov DKI Gelontorkan Rp 22,2 M untuk Perbaiki Rumah Dinas Gubernur

Berdasarkan hasil penelusuran, video yang beredar ini merupakan sebuah hoaks. Melansir dari video pelantikan Gubernur DKI Jakarta yang disiarkan melalui Youtube CNN Indonesia, terlihat gubernur terpilih, Anies Baswedan, tidak mengulang sumpah berkali-kali seperti yang ada di dalam video Facebook tersebut. Di dalam video aslinya, Anies hanya mengulang salah satu kalimat sumpah sebanyak satu kali karena ada kata-kata yang terlewat untuk disebutkan.

Jadi dapat disimpulkan bahwa video Anies Baswedan yang berkali-kali mengulang sumpah jabatannya merupakan video hoaks kategori manipulated content atau konten yang dimanipulasi.

Demokrat Munculkan Nama Dede Yusuf untuk Pilkada Jakarta 2024

KESIMPULAN

Video itu telah dimanipulasi. Faktanya Anies Baswedan hanya mengulang sebanyak satu kali kalimat sumpah jabatannya karena ada beberapa kata yang terlewat untuk disebutkan.

RUJUKAN

https://cekfakta.com/focus/9790

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya