Cek Fakta: Menteri Agama Foto Bareng Ragil Mahardika

Tangkapan layar (screenshot) sebuah akun Facebook pada 12 Mei 2022 mengunggah foto yang memperlihatkan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas sedang bersama Ragil Mahardika.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA – Akun Facebook Sugeng Rachmanto (fb.com/agunk.rch) pada 12 Mei 2022 mengunggah foto yang memperlihatkan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas sedang bersama Ragil Mahardika dengan narasi sebagai berikut:

Potensi Wakaf RI Capai Rp 180 Triliun per Tahun, Menag Sebut Bisa untuk Bantu Entaskan Kemiskinan

“Yang lagi viral dalam konten podcast Deddy Corbuzier beberapa waktu lalu….”

Di foto itu juga terdapat narasi: “Gus Ragil Kader Ansor Cab. Jerman” dan “Gus Yaqut Panglima tertinggi GP Ansor / Banser”

Menag Lantik Sekjen, Widyaiswara Ahli Utama dan Pejabat Eselon II Kemenag

HASIL CEK FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran, foto yang memperlihatkan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas sedang bersama Ragil Mahardika merupakan konten yang dimanipulasi.

Cek Fakta: Massa Bakar Gedung Bawaslu Tolak Hasil Pemilu 2024

Foto itu merupakan foto editan. Foto itu adalah hasil suntingan dengan menambahkan wajah Ragil Mahardika ke foto yang aslinya yang merupakan foto peserta Diklat Terpadu GP Ansor Kabupaten Badung, Bali, pada 18-20 November 2016.

Hasil penelusuran foto di Facebook menemukan foto yang asli diunggah oleh akun Facebook Komara Sakti pada 19 November 2016. Foto itu diunggah bersama tujuh foto lainnya dengan narasi:

“YA ALLOH ……..KAMI HANYA MENDAMBAKAN RIDHOMU ..KAMI HANYABERHARAP DALAMJIWA RAGA INI TERTANAM JIWA NASIONALISME YANG SELALU MENGEDEPANKAN MENGHORMATI KEBHINEKAAN & CINTA TANAH AIR …Diklat Tepadu Tingkat Dasar ( DTTD ) GP ANSOR KAB. BADUNG TGL 18.19.20. NOP 2016”

Dilansir dari artikel berjudul “Gelar Diklat Terpadu, GP Anshor Badung Tekankan Bantu Kemashalatan Umat” yang terbit di situs metrobali.com pada 18 November 2016, ketua umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas, yang hadir usai acara pembukaan langsung memberikan materi kepada peserta diklat terpadu tersebut.

KESIMPULAN

Foto EDITAN. Foto itu adalah hasil suntingan dengan menambahkan wajah Ragil Mahardika ke foto yang aslinya yang merupakan foto peserta Diklat Terpadu GP Ansor Kabupaten Badung, Bali, pada 18-20 November 2016.

RUJUKAN

https://cekfakta.com/focus/9802

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya