Cek Fakta: Akademisi Rhenald Kasali Tulis 'Anies Terlalu Murah'

Sebuah akun Facebook mengunggah tulisa dengan judul Sebuah akun Facebook mengunggah tulisa dengan judul "Anies Terlalu Murah buat Indonesia" yang diklaim sebagai tulisan akademisi dan praktisi bisnis Rhenald Kasali.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA – Akun Facebook Selvesman SangPujangga (fb.com/warangbeach.warangbrach) pada 17 Mei 2022 mengunggah tulisan yang berisi narasi sebagai berikut:

Respons Refly Harun, Gerindra: Dia Sedang Frustasi

“*ANIES TERLALU MURAH BUAT INDONESIA*

Oleh: _Rhenald Kasali_

Hotman Paris Usai Ahli Hadiri Sidang di MK: Sekarang Skornya 35-0

Anies dan JK boleh berjaya memainkan politik identitas di Jakarta, dan hasilnya adalah miniatur kerusakan massal yg di terima masyarakat Jkt, even yg tidak memilih Anies.”

“Sekarang dia mulai merangsek mau mencoba menguasai Indonesia dgn target yg sama, membuat Indonesia terluka.
Kita tahu manusia pandir ini disetir bohir yg berhaluan sama merampok Indonesia. Lapisan penjahat ini bukan hanya layer tipis, mereka bak sekam batubara yg tebal dan tak ada habisnya kalau bicara dana. Makanya satu² melawan mereka kita hrs pakai jiwa bukan cuma bicara.

Kubu Amin Sindir Balik Hotman Paris Usai Klaim Menang Telak di Sidang Hari Ini

Tekankan kepada keluarga, kolega, komunitas, dan kawan sepemahaman bahwa 2024 adalah pertaruhan Indonesia utk ada atau tinggal nama hancur luluh lantah hingga tak berbekas selain kesengsaraan akut bagi rakyatnya.
Orang² jenis ini adalah musuh kita, belum lagi paham yg menyusup via agama dgn target memecah persatuan dan kehancuran.

Kadang kita geram seolah negara hadir terlambat seperti ada pembiaran bagi mereka yg sudah jelas merusak. Kita kadang tak paham apa yg ditunggu utk menumpas para pengkhianat yg jelas berkeliaran dgn mulut penuh fitnah, tapi tetap saja mereka bebas. Sementara kita yg punya beban menjaga seolah dibiarkan jalan sendiri. Apa yg punya power sudah kalah pedulinya kepada anak bangsa daripada kita yg cari makanpun masih musiman.

Tapi kita tetap harus menjaga hati agar tidak sakit hati. Karena Indonesia berdaulat di tangan rakyat, bukan di tangan wakil rakyat yg tak merakyat atau bahkan pejabat yg cenderung jadi pengkhianat.

Mari kita jaga bersama NKRI dari kaum begundal busuk perampok dan perusak bangsa dgn topeng agama.

*(Shared by SIW)*

*_#NKRIButuhPemimpinPatriotSejatiBudiPekertiTerpujiTeruji_* “

HASIL CEK FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran, tulisan berjudul “ANIES TERLALU MURAH BUAT INDONESIA” yang diklaim ditulis oleh Rhenald Kasali merupakan konten yang dimanipulasi.

Faktanya, bukan oleh Rhenald Kasali. Tulisan itu dibuat oleh pengguna Facebook Biakto Biakto pada 9 Mei 2022.

Hasil penelusuran menemukan tulisan ini dimuat di situs redaksiindonesia[dot]com pada 11 Mei 2022 dengan judul “Anies Terlalu Murah Buat Indonesia”. Pada bagian paragraf pertama, disebutkan tulisan ini “Oleh: Biakto”. Pada penutup artikel juga ditulis bahwa sumber tulisan ini adalah Facebook Biakto.

Berdasarkan petunjuk ini, penelusuran di Facebook menemukan bahwa akun Biakto Biakto memang menulis artikel dengan judul “ANIS TERLALU MURAH BUAT INDONESIA.” pada 9 Mei 2022. Isi tulisan juga identik dengan isi narasi yang disebarkan sumber klaim.

KESIMPULAN

BUKAN oleh Rhenald Kasali. Tulisan itu dibuat oleh pengguna Facebook Biakto Biakto pada 9 Mei 2022.

RUJUKAN

https://cekfakta.com/focus/9799

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya