Cek Fakta: CNN Promosikan Obat Diabetes dari Terawan Agus Putranto

Tangkapan layar (screenshot) unggahan di media sosial dengan klaim bahwa media CNN Indonesia mempromosikan obat diabetes dari Terawan Agus Putranto.
Tangkapan layar (screenshot) unggahan di media sosial dengan klaim bahwa media CNN Indonesia mempromosikan obat diabetes dari Terawan Agus Putranto.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA – Sebuah situs yang beralamat di josephpsmith.store memuat konten promosi obat diabetes yang diklaim dikembangkan oleh mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto

Konten tersebut berupa artikel tanya-jawab dalam halaman Facebook CNN Indonesia, serta memuat foto wawancara Terawan dengan CNN, yang dipublikasikan pada 18 April 2022. 

Artikel tersebut memuat sejumlah klaim bahwa Terawan adalah dokter spesialis pengobatan diabetes di Indonesia yang telah menyelamatkan ribuan nyawa. Dia kemudian diklaim meluncurkan program “Indonesia tanpa diabetes”. Artikel itu menyebut jika satu-satunya penyebab diabetes adalah kurangnya kalium dalam tubuh!

HASIL CEK FAKTA

Hasil verifikasi Tempo, sebagaimana dilansir dari Cekfakta.com, menunjukkan bahwa halaman resmi CNN Indonesia di Facebook tidak pernah memuat konten promosi obat diabetes tersebut. Foto Terawan Agus Putranto yang digunakan di dalam situs itu telah disunting dari aslinya yang tidak terkait dengan promosi obat diabetes. Terawan Agus Putranto juga bukan ahli diabetes.

Tempo memeriksa halaman resmi CNN Indonesia di Facebook yang telah bercentang biru. Dengan menggunakan filter pencarian Facebook pada bulan April 2022, CNN Indonesia tidak memosting artikel atau konten pada 18 April 2022, 
alih-alin konten yang mempromosikan obat diabetes.

Tempo kemudian menelusuri keaslian foto Terawan Agus Putranto yang diwawancarai CNN Indonesia sebagai Menteri Kesehatan. Tampak dalam foto itu, teks bertuliskan “Obat ini telah membantu ribuan orang” dan tanggal pemuatan pada 29 Oktober 2021.