Cek Fakta: Cek Gula Darah Gratis dari Fakultas Kedokteran Sebarkan HIV

Tangkapan layar (screenshot) pesan berantai dengan klaim bahwa Pemeriksaan Gula Darah Gratis dari Fakultas Kedokteran Bertujuan Menyebarkan Virus HIV AIDS.
Tangkapan layar (screenshot) pesan berantai dengan klaim bahwa Pemeriksaan Gula Darah Gratis dari Fakultas Kedokteran Bertujuan Menyebarkan Virus HIV AIDS.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA – Beredar pesan berantai berisi peringatan untuk tidak mengikuti pemeriksaan gula darah secara gratis dari fakultas kedokteran beredar di media sosial. Di WhatsApp, pesan berantai itu dibagikan dengan narasi bahwa pemeriksaan gula darah gratis tersebut bertujuan menyebarkan HIV/AIDS.

Berikut narasi lengkapnya:

Warning.... Perhatian jgn suka Cek2 darah yg di sebut Gratis atau tempat abal2,Hati2 Modus ini bisa terjadi... Waspadai para Guru /Kep.Sek serta Emak2 jangan Tergiur degan  Gratisan Cek Gula Darah. Ini WA dari Pangdam IX Udayana.
Assalamualaikum. Agar di WASPADAI!!!! ... Dan segera Melaporkan jika ada Org yg Mengaku dari Fakultas Kedokteran ingin Mengukur/Cek  Gula darah atau Pengambilan Sample darah ... Gratis ... Segera TOLAK dan LAPORKAN...Waspada Dokter Palsu. Harap Kesedian anda untuk Bantu Menangkap Mereka dengan Cepat jika Anda menemui Orang-orang yang Berkunjung di depan pintu Anda dan Mereka mengatakan, Mereka berasal dari Fakultas Kedokteran untuk Bantu Mengukur Gula darah secara GRATIS,Segera Informasikan kepada POLISI karena ORANG-ORANG itu adalah Orang yg ingin MENGHANCURKAN INDONESIA.  Mereka Berkunjung Dari Rumah ke Rumah untuk Menyebarkan VIRUS AIDS melalui Alat Suntik yang Mereka bawa,Kabar ini Berkembang setelah Warga Pasuruan, Jawa Timur banyak yang terinfeksi Virus AIDS setelah mendapat Cek Gula Darah Gratis dr Org yang mengaku dari Fakultas Kedokteran. Hal yang serupa pun terjadi di daerah Jogya,Ada beberapa Orang yang di duga Terinfeksi AIDS setelah melakukan  Suntik Cek Gula darah untuk Tes Gula darah yang sama di lakukan oleh Orangyang mengaku berasal dari Fakultas Kedokteran.Laporan Warga kepada Kantor ke Polisian pun makin Marak,Masyarakat di minta untuk lebih WASPADA dan segera MELAPOR kepada APARAT POLISI bila ada hal yang SAMA terjadi di Daerah Anda, agar Dapat segera di TANGKAP beserta Barang Buktinya ...Dan ini sdh terjadi di SDN PATAS Gerokgak Buleleng . Tetapi Para Guru Curiga karena Mrk Memaksa utk Mengambil Darah, dgn Alasan Mengecek Darah Murid2.Jangan LUPA segera minta KTP Mereka dan Laporkan secepatnya,Agar tidak timbul Korban lebih banyak lagi pada  Anak2,Saudara,Sahabat,Org2 di sekitar Kita ...

Apa benar pesan beranti yang menyebutkan bahwa pemeriksaan gula darah secara gratis dari fakultas kedokteran bertujuan menyebarkan Virus HIV AIDS?

HASIL CEK FAKTA

Dilansir dari Cekfakta.com, untuk memverifikasi klaim di atas, Tim Cek Fakta Tempo menelusuri pemberitaan terkait melalui sejumlah media kredibel. Hasilnya, pesan berantai tersebut merupakan hoaks yang telah beredar sejak 2017 dan telah mengalami modivikasi.

Pesan berantai yang identik juga beredar di Jawa Timur. Faktanya, seperti dilansir beritajatim.com, informasi tersebut sebelumnya pernah terjadi di Malang dan diberitakan pada 18 Desember 2017 oleh media lokal setempat.