Cek Fakta: Mobil Esemka Bakal Ikut Formula E Jakarta

Tangkapan layar (screenshot) unggahan di media sosial yang menyebut mobil Esemka akan ikut dalam ajang balap Formula E Jakarta.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA – Beredar di media sosial unggahan yang menyebut mobil Esemka akan ikut dalam ajang balap Formula E Jakarta. Unggahan itu beredar sejak tengah pekan ini.

Amanda Manopo Murka! Gosip Hoaks Tersebar Luas, Keluarga Sampai Tahu

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook pada 24 Mei 2022. Dalam unggahannya terdapat gambar dengan tulisan "Mobil ESEMKA Kabarnya Akan Ikut Serta Dalam Ajang Bergengsi FORMULA E"

Akun itu juga menambahkan narasi "Seru.. Mobil tanpa awak akan ikut di formula E. Cebong jangan sampai ketinggalan nonton ya."

Ketahui Asal-Usul April Mop yang Selalu Diperingati Setiap 1 April

HASIL CEK FAKTA

Dilansir dari Cekfakta.com, Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan tidak menemukan informasi yang valid terkait mobil Esemka akan ikut ajang balap Formula E Jakarta.

Kabulkan Gugatan Haris Azhar Cs, MK Hapus Pasal Sebar Hoax Bikin Onar

Selain itu Cek Fakta Liputan6.com menemukan gambar yang identik dengan unggahan. Gambar tersebut merupakan foto artikel dari INews.com dengan judul "Pembeli Tiket Formula E Jakarta Mayoritas dari Australia dan Jepang"

Artikel itu diunggah dalam akun Facebook INews pada 20 Mei 2022 dengan narasi sebagai berikut:

"Pembeli tiket Formula E Jakarta yang akan diselenggarakan 4 Juni 2022 mayoritas warga negara asing (WNA).

Berdasarkan data panitia, warga negara Indonesia (WNI) yang membeli tiket Formula E hanya 21,2 persen, sedangkan WNA 78,8 persen.

Merujuk data, WNA yang terbanyak membeli tiket Formula E adalah WNA asal Australia dan Jepang dengan sebaran masing- masing 9,1 persen. Kemudian, diikuti WNA Filipina, India, Britania Raya, Amerika Serikat, dan Italia dengan masing 6,1 persen. Berikutnya, Malaysia, Argentina, Turki, Polandia, Norwegia, Tunisia, dan Guatemala masing-masing 3 persen. Dari keseluruhan kelas tiket yang dijual, Panitia Formula E mengatakan tiket untuk kelas VIP yang dijual seharga Rp2.000.000 sampai Rp3.000.000 bahkan sudah habis terjual."

KESIMPULAN

Unggahan yang menyebut mobil Esemka akan ikut dalam ajang balap Formula E Jakarta adalah hoaks. Gambar dalam unggahan tersebut telah disunting.

RUJUKAN

https://cekfakta.com/focus/9901

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya