Cek Fakta: Wahana Ruang Angkasa Hampa Udara Disebut Bulshit

Jepretan layar unggahan di Facebook yang mengklaim bahwa astronot yang pergi ke ruang angkasa merupakan kebohongan dengan berdasar bukti sebuah truk tangki yang hancur akibat udara yang disedot oleh oleh alat vakum.
Jepretan layar unggahan di Facebook yang mengklaim bahwa astronot yang pergi ke ruang angkasa merupakan kebohongan dengan berdasar bukti sebuah truk tangki yang hancur akibat udara yang disedot oleh oleh alat vakum.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA – Beredar sebuah unggahan di grup Facebook Flat Earth Society Indonesia FE101 oleh akun Ahmad Julianto yang menjelaskan bahwa astronot yang pergi ke ruang angkasa merupakan kebohongan. Dalam unggahan ini turut disertakan video yang memperlihatkan sebuah truk tangki yang hancur akibat udara yang disedot oleh oleh alat vakum.

“Percobaan membuat hampa udara ini membuktikan bahwa astronot yg katanya sdh mampu ke ruang hampa udara adalah bulsit.”

HASIL CEK FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim dalam unggahan tersebut salah. Wahana antariksa tidaklah hampa udara. Ruang angkasalah yang merupakan ruang hampa karena ruang angkasa tidak memiliki materi sehingga menciptakan tekanan yang sangat rendah.

Sedangkan wahana antariksa sendiri masihlah terdapat oksigen. Melansir Infoastronomy.org, wahana antariksa seperti ISS masih terdapat oksigen dari alat oxygen generator system yang fungsinya mengelektrolisis air sehingga dapat menghasilkan oksigen. Selain itu di wahana antariksa dapat menyalakan tabung SFOG (Solid Fuel Oxygen Generation) untuk menghasilkan pasokan oksigen yang terbatas.

Selain itu video yang dijadikan bukti dari klaim tersebut merupakan video dari Channel Youtube Mythbusters ! yang melakukan penyedotan udara dari sebuah tangki truk untuk berusaha menghancurkannya. Mekanisme penyedotan udara (vacuum) ini memiliki konsep yang berbeda dengan konsep hampa udara (vacuum) di luar angkasa sehingga tidak dapat dijadikan pembuktian dari klaim tersebut.

Dengan demikian jika mengacu kepada seluruh referensi, maka unggahan akun Ahmad Julianto merupakan informasi tidak benar dan masuk ke dalam kategori konten menyesatkan.

KESIMPULAN

Faktanya yang hampa adalah luar angkasanya, bukan wahana luar angkasanya sendiri.

RUJUKAN

https://cekfakta.com/focus/1001