Cek Fakta: Video Protes Muslim India

Jepretan layar sebuah akun Twitter membagikan video yang memperlihatkan kerumunan orang yang diklaim sebagai massa muslim India melakukan protes di New Delhi.
Jepretan layar sebuah akun Twitter membagikan video yang memperlihatkan kerumunan orang yang diklaim sebagai massa muslim India melakukan protes di New Delhi.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA – Akun Twitter @MNW_MNW_MNW membagikan sebuah rekaman video pada 9 Juni 2022 dengan narasi, “MERINDING, melihat aksi Muslim India”. Dalam video yang berdurasi 18 detik itu tampak kerumunan orang yang diklaim sebagai massa muslim India melakukan protes di New Delhi.

HASIL CEK FAKTA

Faktanya, video itu bukan di New Delhi, India, melainkan di Pakistan. Video tersebut bukan video aksi protes muslim India di New Delhi terhadap penyataan Nupur Sharma yang menghina nabi. Saat dilakukan pencarian gambar, video yang sama ditemukan di Youtube dan diunggah pada 4 Januari 2021 dengan judul “Allama Khadim Hussain Rizvi Chehlum TLP Chehlum 2021”. Chehlum adalah peringatan 40 hari kematian seseorang.

Pada video menampilkan ribuan orang Pakistan berkumpul di Masjid Rehmatul Lil Alameen di Lahore, memperingati 40 hari kematian Khadim Hussain Rizvi. Khadim Hussein Rizvi merupakan seorang cendekiawan Pakistan, penulis dan pendiri Tehreek-e-Labbaik Pakistan (TLP), sebuah organisasi politik agama di Pakistan.

Berdasarkan informasi itu, video dengan klaim aksi muslim India melakukan protes atas pernyataan Nupur Sharma tentang Nabi Muhammad adalah hoaks, karena peristiwa itu terjadi di Pakistan dan terkategori konten menyesatkan.

KESIMPULAN

Bukan di India. Faktanya, video tersebut merupakan video lama yang terjadi di Lahore, Pakistan, pada Januari 2021, saat memperingati Chehlum (40 hari wafatnya) Khadim Hussain Rizvi, ketua partai Tehreek-e-Labbaik Pakistan (TLP).

RUJUKAN

https://cekfakta.com/focus/9990