Cek Fakta: Polisi India Serang secara Brutal Seorang Pria Muslim Tua

Jepretan layar sebuah video di Twitter yang memperlihatkan aparat polisi India sedang menyerang pria tua yang diklaim merupakan seorang muslim karena menggunakan kopiah seperti atribut keagamaan Islam.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA – Beredar sebuah video di Twitter yang memperlihatkan aparat polisi India sedang menyerang pria tua yang diklaim merupakan seorang muslim karena menggunakan kopiah seperti atribut keagamaan Islam. Video tersebut beredar di tengah ketegangan agama di India setelah dua kader partai BJP membuat pernyataan tentang Nabi Muhammad.

Anggota Polresta Manado Ditemukan Tewas di Mampang Sedang Cuti

HASIL CEK FAKTA

Setelah ditelusuri, klaim tersebut salah. Faktanya video tersebut merupakan video lama yang telah beredar sejak April 2020 yang menunjukkan aparat kepolisian India sedang menertibkan dan menghukum yang berperilaku tidak baik karena warga sedang berkerumun dan melanggar aturan lockdown akibat pandemi COVID-19. Pada saat itu kasus COVID-19 di India sangat tinggi sehingga memerlukan hukuman yang tegas bagi pelanggar protokol kesehatan.

Polisi Ditemukan Tewas di Mampang Jaksel dengan Luka Tembak di Kepala

Klaim itu juga dibantah langsung oleh akun Twitter Polisi India yang menanggapi cuitan hoaks tersebut.

Dengan demikian klaim Video Polisi Hindutva India Menyerang Secara Brutal Seorang Pria Muslim Tua merupakan hoaks dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

Jeep Wrangler Facelift Meluncur, Segini Harganya

KESIMPULAN

Klaim tersebut salah, faktanya video yang menunjukkan aparat Polisi India menyerang seorang pria tua tersebut sedang menertibkan warga yang melanggar aturan lockdown akibat pandemi COVID-19 pada April 2020, saat kasus penularan COVID-19 di India sangat tinggi.

RUJUKAN

https://cekfakta.com/focus/10031

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya