Cek Fakta: Video Gunung Anak Krakatau Bocor pada 17 Juni 2022

Jepretan layar akun Tiktok mengunggah video yang memperlihatkan sebuah gunung mengeluarkan larva dan diklaim merupakan rekaman peristiwa Gunung Anak Krakatau yang bocor pada Jumat, 17 Juni 2022.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA – Akun Tiktok jugosaritv mengunggah video yang memperlihatkan sebuah gunung mengeluarkan larva. Video tersebut diklaim merupakan rekaman peristiwa Gunung Anak Krakatau yang bocor pada Jumat, 17 Juni 2022.

Polisi Serahkan Selebgram Chandrika Chika ke BNNK Jaksel soal Kasus Narkoba, Mau Rehab?

Narasi:

“Gunung Anak Krakatau BOCOR, Muntah Hebat Hari Ini

Joe Biden Sahkan Undang-undang yang Membuat Tiktok Terancam Diblokir

Jum’at 17 Juni 2022″

HASIL CEK FAKTA

Selain Narkoba, Ini Deretan Kontroversi Selebgram Chandrika Chika

Berdasarkan hasil penelusuran pada akun Twitter resmi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), ditemukan video yang sama pada unggahan Tiktok yang sudah dilabeli hoax. Dalam unggahan pada 19 Juni 2022 ditemukan informasi bahwa video tersebut merupakan erupsi Gunung Anak Krakatau yang terjadi pada tahun 2018.

Dengan demikian video yang diklaim Gunung Anak Krakatau meletus pada 17 Juni 2022 tidak benar. Video tersebut merupakan video Gunung Anak Krakatau yang erupsi pada tahun 2018, sehingga hal tersebut terkategori konteks yang salah.

KESIMPULAN

Informasi pada video tersebut tidak benar. Faktanya video tersebut merupakan video Gunung Anak Krakatau yang erupsi pada tahun 2018 informasi tersebut didapatkan melalui akun Twitter PVMBG.

RUJUKAN

https://cekfakta.com/focus/10038

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya