Cek Fakta: Jokowi Didemo di Jerman

Sebuah akun Twitter mengunggah tautan dari babe[dot]news yang meliput aktivitas demonstrasi besar di Jerman yang disertai dengan narasi yang menyatakan bahwa demo tersebut ditujukan kepada Jokowi.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA – Akun Twitter dengan nama pengguna “Ardiesuhardi1” mengunggah sebuah tautan dari babe[dot]news yang meliput aktivitas demonstrasi besar di Jerman. Unggahan tersebut juga disertai dengan narasi yang menyatakan bahwa demo tersebut ditujukan kepada Jokowi.

Senang Kendaraan Listrik Makin Menjamur, Jokowi Sebut Pabrik Baterai Beroperasi Bulan Depan

Narasi:

“JOKOWI DILUAR NEGERIPUN DI DEMO

Jokowi Singgung Peluang Besar Industri Kendaraan Listrik di Indonesia

#PresidenBebekLumpuh

#PresidebBebekLumpuh

Prabowo Ingin Bentuk Presidential Club, Jokowi: Bagus, 2 Hari Sekali Ketemu

????????

Mampus lho…?!”

HASIL CEK FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran, demo tersebut bukan merupakan demo yang ditujukan kepada Jokowi. Demo tersebut ditujukan untuk menuntut para pemimpin negara anggota G7 untuk berkomitmen dalam mengatasi krisis dunia berupa invasi Rusia ke Ukraina, perubahan iklim, serta krisis energi dan makanan. Adapun ketujuh negara anggota G7 adalah Amerika Serikat, Britania Raya, Kanada, Prancis, Jerman, Italia, dan Jepang.

Artikel yang disertakan dalam twit oleh pengguna Twitter “Ardiesuhardi1” tidak menyatakan bahwa demo yang dilakukan ditujukan kepada Jokowi. Artikel tersebut menjelaskan tuntutan dari 20.000 demonstran Jerman ditujukan untuk menuntut tindakan nyata dari G7.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Twitter dengan nama pengguna “Ardiesuhardi1” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

KESIMPULAN

Bukan demo yang ditujukan kepada Jokowi. Demo tersebut ditujukan untuk menuntut para pemimpin negara anggota G7 untuk berkomitmen dalam mengatasi krisis dunia berupa invasi Rusia ke Ukraina, perubahan iklim, serta krisis energi dan makanan.

RUJUKAN

https://cekfakta.com/focus/10071

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya