Cek Fakta: Ruang Angkasa Buatan China

Jepretan layar sebuah postingan oleh akun Twitter yang memperlihatkan air di dalam gelas tidak melayang di ruang angkasa dan video itu diklaim sebagai ruang antariksa buatan China.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA Fakta – Beredar sebuah postingan oleh akun Twitter @flatearthohio pada 24 Juni 2022. Postingan tersebut memperlihatkan air di dalam gelas tidak melayang di ruang angkasa, dengan narasi sebagai berikut:

Harga Diri Apple sedang Dipertaruhkan

NARASI:

Made in China.

5 Negara Pemegang Hak Veto di PBB, Keputusan Internasional Ada di Tangan Mereka

HASIL CEK FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran, gambar tersebut diambil dari sebuah video kelas sains pertama dari stasiun luar angkasa China. Anggota kru Shenzhou-13 China Zhai Zhigang, Wang Yaping dan Ye Guangfu menyiarkan langsung kelas sains pertama mereka dari stasiun luar angkasa China.

Houthi Tuding Arab Saudi hingga Rusia, China dan Iran Mulai Satukan Kekuatan

Gelas dan air tersebut digunakan ketika mereka melakukan eksperimen untuk menunjukkan bagaimana kurangnya gravitasi menyebabkan hilangnya daya apung, eksperimen optik menggunakan pembiasan air dan mengeksplorasi buih di lingkungan tanpa bobot menggunakan bola air.

Air yang disorot pada postingan Twitter tersebut tidak melayang karena tegangan permukaan akibat adhesi air dengan permukaan wadah yang membuatnya tidak melayang keluar wadah.

Dilansir dari situs wawanfisika.wordpress.com, adhesi adalah gaya tarik menarik antara partikel partikel yang tidak sejenis. Gaya adhesi akan mengakibatkan dua zat akan saling melekat bila dicampurkan. Salah satu kondisi yang bisa terjadi jika kita mencampurkan dua macam zat adalah Jika gaya adhesi antar partikel zat yang berbeda lebih besar daripada gaya kohesinya, kedua zat akan saling menempel. Contohnya, air yang menempel pada kaca.

Dengan demikian, gelas dan air tidak melayang karena ruang angkasa buatan China adalah salah, sehingga terkategori konten yang menyesatkan.

KESIMPULAN

Air yang disorot pada postingan Twitter tersebut tidak melayang disebabkan karena tegangan permukaan akibat adhesi air dengan permukaan wadah yang membuatnya tidak melayang keluar wadah.

RUJUKAN

https://cekfakta.com/focus/10120

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya