Cek Fakta: Pasukan Khusus Cina Jadi Relawan Rusia untuk Lawan Ukraina

Jepretan layar unggahan foto dari sebuah akun Twitter yang memperlihatkan tiga orang berbaju tentara dan mengklaim foto tersebut sebagai pasukan khusus Cina yang mendaftar menjadi tentara sukarelawan Rusia untuk berperang melawan Ukraina.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA Politik – (Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia): “Menurut rumor, ratusan pasukan khusus Tentara Pembebasan Rakyat Cina pergi ke Ukraina untuk berperang atas nama Tentara Sukarelawan Rusia!”.

Rusia Mengirimkan Lebih dari 29 Ton Bantuan Kemanusiaan ke Gaza

Akun Twitter @wanjunxie mengunggah foto yang memperlihatkan tiga orang mengenakan baju tentara dan mengklaim foto tersebut sebagai pasukan khusus tentara Cina yang mendaftar menjadi tentara sukarelawan Rusia untuk berperang melawan Ukraina.

Berdasarkan penelusuran foto dengan Yandex, informasi tersebut salah. Foto tersebut terdapat di laman resmi taman hiburan Rusia bernama “Armeisky Poligon”, dan taman tersebut menggunakan konsep tema militer. Para turis yang berkunjung memang menggunakan atribut militer.

Korban Tewas Akibat Penembakan di Gedung Konser Moskow Bertambah Jadi 140 Orang

Doto serupa diunggah di laman resmi tersebut dengan keterangan, “Group from China Dressed in Russian Special Forces Uniforms”. Selain itu, informasi serupa pernah dibahas oleh AFP Fact Check dengan judul “Photo shows tourist at Russian amusement park, not ‘Chinese soldiers going to Ukraine”.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh @wanjunxie merupakan konteks yang salah. Gambar yang terlampir merupakan turis yang sedang berkunjung ke taman hiburan Rusia bertema militer, bukan tentara Cina yang mendaftar menjadi tentara Rusia untuk berperang dengan Ukraina.

Pabrik Rakit Drone Ukraina Hancur Dibom Pasukan Rusia

https://cekfakta.com/focus/10269

Buket bunga di depan gedung konser berdarah Crocus City Hall di Moskow

100 Orang Masih Hilang Dalam Aksi Penembakan di Gedung Konser Moskow

Komite Investigasi Rusia, pada Rabu, 27 Maret 2024, menerbitkan daftar nama yang mengidentifikasi 140 orang yang dipastikan tewas insiden penembakan di gedung konser

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024