Cek Fakta: Beredar Telegram Anies Bertujuan Muluskan Kebijakan Asing

Jepretan layar sebuah akun Twitter mengunggah foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA Fakta – “Beredar Telegram: Anies Baswedan Sahabat Amerika Serikat, Bertujuan Muluskan Kebijakan Asing di Indonesia”

JK Ogah Komentari Wacana Anies Maju Pilgub Jakarta

Akun Twitter dengan nama pengguna “DoankWarto” mengunggah sebuah foto hasil tangkapan layar dari situs makassar[dot]terkini[dot]id yang menyatakan bahwa Anies Baswedan dianggap sebagai sahabat Amerika Serikat dan bertujuan melancarkan kebijakan asing di Indonesia.

Berdasarkan hasil penelusuran, telegram yang menyatakan Anies Baswedan sebagai sahabat Amerika Serikat tidak berkaitan dengan kepentingan asing di Indonesia.

Pakar Sebut Kehadiran Anies di KPU Tunjukkan Komitmen Prinsip Bernegara dan Berdemokrasi

Telegram tersebut telah dikirim pada tahun 2009 dan berisi permohonan pemberian visa untuk Anies yang akan berkunjung ke Amerika Serikat untuk menerima penghargaan dari Northern Illinois University serta mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang akan menghadiri acara tersebut.

Dalam isi artikel milik situs makassar[dot]terkini[dot]id yang disertakan dalam unggahan juga hanya menjelaskan perihal isi telegram yang dikirimkan oleh Kedutaan Besar Amerika Serikat pada tahun 2009 tersebut dan tidak menyebutkan kepentingan asing di Indonesia. Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Twitter dengan nama pengguna “DoankWarto” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

Ramalan Prabowo "PKB akan Hadir Kembali" Segera Terwujud, Menurut Pengamat

Bukan berkaitan dengan kebijakan asing di Indonesia. Faktanya, telegram yang menyatakan Anies Baswedan sebagai sahabat Amerika Serikat telah dikirim pada tahun 2009 dan berisi pemberian visa untuk Anies yang akan berkunjung ke Amerika Serikat.

Sumber: https://cekfakta.com/focus/10315

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya