Cek Fakta: Video Oknum Cokelat Provokator Suporter Arema di Kanjuruhan

Jepretan layar sebuah akun Facebook, pada 2 Oktober 2022, mengunggah video dengan narasi: “Ini awal mula terjadi oknum coklat memukul seporter sampai jatuh ..." dalam Tragedi Kanjuruhan di Malang, Jawa Timur.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA Politik – Akun Facebook Supriadi Kartom (fb.com/supriadi.kartom.71) pada 2 Oktober 2022 mengunggah sebuah video dengan narasi: “Ini awal mula terjadi oknum coklat memukul seporter sampai jatuh. Coba liat aja di lapangan,perhatikan masih kosong belum terjadi keributan di tengah lapang” Di video tersebut terdapat narasi: “ADA OKNUM COKLAT MEMPROFOKATOR SUPPORTER AREMA MALANG”

Arema FC Semakin Jauh Dari Zona Degradasi

Berdasarkan hasil penelusuran, video yang diklaim sebagai video awal mula terjadinya kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, pada 2 Oktober 2022, merupakan klaim yang salah. Faktanya, bukan video saat kejadian di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, seusai laga Arema lawan Persebaya pada 2 Oktober 2022.

Video tersebut sudah diunggah di Youtube sejak April 2018. Video yang sama, diunggah di kanal Youtube kafi muzaki pada 21 April 2018 dengan judul “Vidio viral. Aremania di teror saat bermain dengan persib”.

Ini Hal Paling Diwaspadai Arema FC dari PSM Makassar

Berdasarkan judul tersebut, ditemukan artikel berita terkait kerusuhan yang terjadi pada 15 April 2022 di Stadion Kanjuruhan, Malang, ketika Arema FC Vs Persib Bandung di pada laga Liga 1 tahun 2018. Salah satu artikelnya berjudul “Ini Dugaan Penyebab Kerusuhan Suporter pada Laga Arema FC Vs Persib Bandung” yang terbit di situs bolasport.com pada 16 April 2018.

BUKAN video saat kejadian di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, seusai laga Arema lawan Persebaya pada 2 Oktober 2022. Video tersebut sudah diunggah di Youtube pada April 2018.

Arema FC Bakal Rotasi Pemain Saat Lawan PSM Makassar

Sumber: https://cekfakta.com/focus/10625

Proses eksekusi Kompol Wahyu dan AKP Bambang dalam kasus Tragedi Kanjuruhan.

Inkracht! Jaksa Eksekusi 2 Polisi Terkait Tragedi Kanjuruhan

Kejaksaan Tinggi Jawa Timur mengeksekusi dua anggota polisi yang terlibat dalam kasus atau tragedi Kanjuruhan.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024