Cek Fakta: Uskup Katolik Jabodetabek Deklarasi Dukung Anies Baswedan Jadi Presiden

Jepretan layar postingan berjudul Uskup Katolik Jabodetabek deklarasi dukung Anies Baswedan menjadi presiden.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA Fakta – Beredar di media sosial postingan berjudul Uskup Katolik Jabodetabek deklarasi dukung Anies Baswedan menjadi presiden. Postingan itu beredar sejak beberapa hari lalu. Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook pada 21 Oktober 2022.

Surya Paloh Pikir-pikir Usung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024

Dalam unggahannya terdapat gambar dengan narasi berikut ini: "Buzzer kejang-kejang para Uskup Katolik Sejabodetabek deklarasi Anies hari ini" Akun itu menambahkan narasi "Ya Tuhan para uskup sejabodetabek sudah memberikan dukungan semoga Paus Indonesia bisa memberikan dukungan juga".

Benarkah postingan berjudul Uskup Katolik Jabodetabek deklarasi dukung Anies Baswedan menjadi Presiden?  

Pidato Lengkap Prabowo Subianto Usai Ditetapkan sebagai Presiden Terpilih

Dilansir dari Cekfakta.com, Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan mengunjungi website resmi Keuskupan Agung Jakarta, kaj.or.id. Di sana terdapat klarifikasi dari Keuskupan Agung Jakarta yang dirilis pada 21 Oktober 2022.

"Terkait beredarnya potongan video yang berjudul 'Uskup Katolik Se Jabodetabek Deklarasi Dukung Anies Presiden', kami tegaskan bahwa hal tersebut tidak benar.

Hadiri Penetapan Prabowo-Gibran di KPU, Anies Ungkit Pilpres 2024 Banyak Catatan

"Gereja Katolik Indonesia tetap menjaga netralitas dan mendorong proses politik dapat dijalankan dengan menjunjung prinsip dan etika yang diabdikan bagi bonum commune (kebaikan bersama).

"Gereja Katolik tidak berpolitik praktis maka dalam pertemuan dan kegiatan tersebut tidak pernah membahas persoalan politik praktis, termasuk dalam pertemuan dengan Bapak Anies Baswedan. Sebagai pemimpin umat Katolik di Keuskupan Agung Jakarta dan Ketua Konferensi Waligereja Indonesia, Kardinal Ignatius Suharyo sering menerima tamu dan beraudiensi dengan banyak tokoh dari berbagai latar belakang.

"Demikian disampaikan sebagai klarifikasi untuk menghindari kesimpangsiuran akibat beredarnya video tersebut. Semoga dapat dimaklumi dan kami mengajak seluruh pihak untuk terus menjaga kondusivitas kehidupan publik."

Postingan berjudul Uskup Katolik Jabodetabek deklarasi dukung Anies Baswedan menjadi Presiden adalah tidak benar.

Sumber: https://cekfakta.com/focus/10808

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya