Cek Fakta: Video Pemain Sepak Bola Ditampar Pelatih di Ruang Ganti Tim Qatar

Jepretan layar (screenshot) Sebuah video yang diklaim pelatih menampar pemain di ruang ganti tim sepak bola Qatar beredar di media sosial dan kali pertama disebarkan salah satu akun Facebook pada 21 November 2022.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA Fakta – Sebuah video yang diklaim pelatih menampar pemain di ruang ganti tim sepak bola Qatar beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 21 November 2022.

Media AS Sorot Kemenangan Timnas Indonesia Atas Vietnam: Patut Mendapat Pujian

Video berdurasi 15 detik itu memperlihatkan seorang pelatih tengah menampar anak asuhnya. Setelah itu, si pelatih memberi peringatan keras kepada murid-muridnya. Video itu kemudian dikaitkan dengan kondisi ruang ganti tim sepak bola Qatar. "Sementara itu di ruang ganti tim Qatar....," tulis salah satu akun Facebook.

Benarkah video pemain ditampar merupakan rekaman suasana ruang ganti tim Qatar? Berikut penelusurannya.  

2 Pemain Timnas Indonesia Ini Pernah Hancurkan Skuad Erik Ten Hag

Cek Fakta Liputan6.com, dilansir dari Cekfakta.com, menelusuri video yang diklaim pelatih menampar pemain di ruang ganti tim sepak bola Qatar. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tangkapan layar dari video tersebut ke situs Google Images.

Sindiran Menohok Justin Hubner Usai Indonesia Bantai Vietnam: Enteng!

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang memuat potongan gambar dari video serupa. Satu di antaranya artikel berjudul "TURKISH DE-FRIGHT Brutal football coach who SLAPS youth team players in horrific video claims he’s copying Man Utd legend Alex Ferguson" yang dimuat situs thesun.co.uk pada 26 Oktober 2019.

Berikut gambar tangkapan layarnya: Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa pelatih yang menampar anak asuhnya merupakan Halit Kurt. Dia adalah pelatih tim sepak bola Kayseri Meysusspor di Turki.

Ketika itu, dia memperingatkan para pemain muda untuk tidak takut saat bertanding sepak bola. Kurt bersikeras bahwa menampar pemain mudanya adalah praktik normal dalam sepak bola. Dia percaya, itu memberi mereka motivasi ekstra untuk memenangkan pertandingan.  

Video yang diklaim pelatih menampar pemain di ruang ganti tim sepak bola Qatar ternyata tidak benar. Faktanya, video tersebut tidak ada kaitannya dengan tim sepak bola Qatar. Pelatih yang menampar anak asuhnya merupakan Halit Kurt. Dia adalah pelatih tim sepak bola Kayseri Meysusspor di Turki.

Sumber: https://cekfakta.com/focus/11000

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya