Cek Fakta: Raja Salman Ngamuk Siap Bantu Indonesia dalam Konflik dengan Australia soal Pulau Pasir

Jepretan layar (screenshot) video dengan narasi bahwa Raja Salman dari Arab Saudi mengamuk dan siap membantu Indonesia dalam konflik dengan Australia soal Pulau Pasir.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA Fakta – NARASI: “TERKINI !! RAJA SALMAN NGAMUK ! ARAB SAUDI SIAP BANTU Indonesia Ku – KONFLIK PULAU PASIR NTT (NUSA TENGGARA TIMUR) INDONESIA VS AUSTRALIA . . . Sumber ytb:@PANGLIMA TEMPUR #indonesiaku #indonesia #arab #arabsaudi #rajasalman #konflik #australia #pulaupasir #ntt #tni #nkri #militer #terkini #viral”.

Intip Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Perempat Final Piala Asia U-23

SUMBER membagikan konten yang isinya menimbulkan kesimpulan yang MENYESATKAN. FAKTA: video berisi pembacaan artikel dengan mengganti aspek yang berkaitan dengan COVID-19 menghubungkan ke Pulau Pasir, Australia, dan Indonesia.

Selain mengganti bagian tertentu artikel, video berisi potongan-potongan video dari peristiwa yang TIDAK berkaitan. Potongan video yang digunakan oleh SUMBER adalah pidato Raja Salman di acara KTT GCC ke-40 yang TIDAK berkaitan dengan tema yang diangkat di video, dengan terjemahan yang TIDAK sesuai dengan arti yang sebenarnya.

Viral Jeam Kelly Sroyer Dikeplak Shin Tae-yong, Ternyata Gegara Ini

Salah satu video yang identik, Kantor Berita Emirates di YouTube: “Awal KTT GCC ke-40” (Google Translate Chrome extension) Salah satu sumber artikel yang dibaca di video, CNBC Indonesia: “Fenomena warga negara asing (WNA) ‘eksodus’ dari RI sempat menghebohkan negara. Pasalnya lebih dari puluhan ribu WNA dilaporkan telah meninggalkan Indonesia sejak periode Juli-Agustus 2021 lalu.”

Terungkap 3 Alasan Iran dan Arab Saudi Saling Bermusuhan, Isu Agama Paling Kuat

Salah satu sumber potongan video lainnya yang identik dengan yang digunakan oleh SUMBER, Global News di YouTube: “Prime Minister Justin Trudeau visited on Wednesday the town of Port aux Basques in Newfoundland and Labrador that was devastated by storm Fiona. Accompanied by Premier Andrew Furey, provincial Liberal MPs Gudie Hutchings and Seamus O’Regan, Trudeau met with residents affected by the storm, first responders helping with…”

“RIYADH, 10 Desember 2020 (WAM) — KTT ke-40 Pemimpin dan Pemimpin Dewan Kerja Sama Negara-Negara Teluk Arab diluncurkan di Istana Diriyah di Riyadh sore ini, dipimpin oleh Raja Penjaga Dua Masjid Suci Salman bin Abdulaziz Al Saud, Raja Kerajaan persaudaraan Arab Saudi, di hadapan Yang Mulia Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, Wakil Presiden Negara, Perdana Menteri dan Penguasa Dubai, “semoga Tuhan melindunginya,” yang berpartisipasi di kepala delegasi negara ke puncak.”

(Google Translate Chrome extension) The Weather Network: “Some residents of Port aux Basques continue to sit and wait as cleanup efforts push on, two weeks after post-tropical storm Fiona left mass devastation in its wake.”

MENYESATKAN, berisi pembacaan artikel dengan mengganti aspek yang berkaitan dengan COVID-19 menghubungkan ke Pulau Pasir, Australia dan Indonesia. FAKTA: selain mengganti bagian tertentu artikel, video berisi potongan-potongan video dari peristiwa yang TIDAK berkaitan.

Sumber: https://cekfakta.com/focus/11396

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya