Cek Fakta: Video Tentara China Masuk Indonesia dengan Pesawat Lion Air

Sebuah video yang diklaim tentara China masuk ke Indonesia menggunakan maskapai penerbangan Lion Air beredar di media sosial.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA Fakta – Sebuah video yang diklaim tentara China masuk ke Indonesia menggunakan maskapai penerbangan Lion Air beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 2 Februari 2022.

Terpopuler: Jojo Rusak Pesta China, Elkan Baggott Menggila

Video berdurasi 25 detik itu memperlihatkan sejumlah orang mengenakan seragam lengkap mirip tentara dan tengah berbaris di sebuah bandara. Terlihat di belakang mereka pesawat Lion Air berwarna putih. Video itu kemudian dikaitkan dengan kabar bahwa tentara China telah masuk Indonesia menggunakan maskapai Lion Air.

"Sudah terang2an pakai seragam militer? Gila ini beneran...... Tentara Cina sudah masuk Indonesia, tengah malam, untuk Apa.?!? Siap² saja Anak Cucu dijajah Aseng, atau siap jadi Mata² Cina / Pengkhianat bagi Negeri ini.!!! Mentri Pertahannya Mantan Jendral tapi ngak punya sikap , seolah mereka adalah bagian dari penghianat, Ulama saja di khianati apalagi rakyatnya.Masih banyak yg setia dengan orang Munafik ini," tulis salah satu akun Facebook.

KSAL Klaim Perselisihan Prajurit TNI dan Oknum Brimob di Sorong Berakhir Damai

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah beberapa kali direspons oleh warganet. Benarkah dalam video itu tentara China telah tiba di Indonesia menggunakan maskapai penerbangan Lion Air? Berikut ini penelusurannya.  

Top Trending: Sopir Bis Bawa Penumpang Makan di Rumah Mertua hingga Ramalan Jayabaya

Cek Fakta Liputan6.com, sebagaimana dilansir dari Cekfakta.com, menelusuri video yang diklaim tentara China masuk ke Indonesia menggunakan maskapai penerbangan Lion Air. Penelusuran dengan mengunggah gambar tangkapan layar dari video tersebut ke situs Google dan Yandex.

Namun tidak ditemukan gambar identik dari video tersebut. Jika diperhatikan lebih detail, video tersebut menampilkan pasukan berseragam hijau kecoklatan mirip seragam Brimob Polri. Contoh seragam tersebut bisa dilihat pada foto di artikel berjudul "Brimob Kirim Enam Polwan ke Papua, Berharap Pulang Lengkap" dari situs cnnindonesia.com.

Liputan6.com juga menemukan video identik yang diunggah akun Twitter @bangbiembiem yang diunggah pada 2 Februari 2 Februari 2023. Pada video tersebut terlihat ada sejumlah personel Brimob turun dari truk Polisi sambil memindahkan barang-barang.

Pada video juga terlihat suasana di dalam bandara, lengkap dengan pesawat Lion Air di belakang personel Brimob. "Brimob lagi ke Papua..." tulis akun Twitter @bangbiembiem.

Penelusuran juga dilakukan dengan menghubungi Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro. Namun, hingga berita ini dimuat, Lion Air belum memberikan keterangan.  

Video yang diklaim tentara China masuk ke Indonesia menggunakan maskapai penerbangan Lion Air ternyata tidak benar. Faktanya, sejumlah orang dalam video tersebut bukan tentara China, melainkan personel Brimob Polri.  

Sumber: https://cekfakta.com/focus/11689

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya