Cek Fakta: Pembangkit Nuklir Meledak akibat Gempa Bumi di Turki

Jepretan layar (screenshot) beredar video di media sosial yang menampilkan ledakan besar dengan narasi yang mengklaim bahwa ledakan tersebut berasal dari pembangkit nuklir yang meledak akibat gempa bumi di Turki.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA Fakta – BREAKING: Nuclear plant explode due to #Earthquake in #Turkey. #PrayForTurkey BREAKING: Pembangkit nuklir meledak akibat gempa bumi di Turki. #PrayForTurkey (Dalam bahasa Indonesia)

Menlu Iran soal Senjata Pemusnah Massal: Penggunaan Nuklir Hanya untuk Tujuan Damai

Beredar video di media sosial yang menampilkan ledakan besar dengan narasi yang mengklaim bahwa ledakan tersebut berasal dari pembangkit nuklir yang meledak akibat gempa bumi di Turki.

Video tersebut diunggah oleh akun twitter @EduMPunjab pada 6 Februari 2023. Setelah dilakukan penelusuran, video dalam klaim tersebut identik dengan video unggahan channel youtube resmi KOMPASTV berjudul "Detik-detik Terjadinya Ledakan Besar di Beirut Lebanon" yang tayang pada 5 Agustus 2023.

Viral Imam Masjid di Turki Ajak Main Anak-anak di Masjid, Warganet: di Indo Mah Boro-boro

Ledakan dalam video tersebut terjadi pada 2020 yang disebabkan oleh 2.750 ton amonium nitrat yang pada tahun 2013 dibongkar di pelabuhan Beirut setelah kapal yang membawanya ke Mozambik terpaksa berlabuh karena masalah teknis.

Demi Alasan Keamanan, Polandia Siap Tampung Senjata Nuklir NATO

Berdasarkan penjelasan di atas klaim bahwa pembangkit nuklir meledak akibat gempa bumi di Turki tidak terbukti dan termasuk ke dalam kategori koneksi yang salah. Faktanya video tersebut merupakan peristiwa ledakan 2.750 ton amonium nitrat yang yang terbakar di Beirut, Lebanon pada 2020.

Sumber: https://cekfakta.com/focus/11746

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan 147 bangunan infrastruktur pasca dilanda bencana gempa di Provinsi Sulawesi Barat pada Selasa, 23 April 2024. Diketahui, gempa me

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024