Cek Fakta: Demi Fokus Menangkan Anies Baswedan, Sandiaga Nyatakan Mundur dari Kabinet

Akun Facebook Care pada 2 Mei 2023 mengunggah sebuah video yang salah satu cuplikannya menampilkan pidato Sandiaga Uno yang menyatakan dirinya mundur.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA Fakta – Akun Facebook Care (fb.com/102020895826721) pada 2 Mei 2023 mengunggah sebuah video yang salah satu cuplikannya menampilkan pidato Sandiaga Uno yang menyatakan dirinya mundur dengan narasi: ‘Demi Fokus Menangkan Anies !! Sandi Nyat4kan Mundvr Dari Kabinet DIDEPAN MEDIA”

Bakal Turun Tangan Tertibkan Jukir Liar di Jakarta, Kombes Latif: Kalau Maksa Itu Pidana

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya cuplikan video menampilkan pidato Sandiaga Uno yang menyatakan dirinya mundur yang diklaim karena demi fokus memenangkan Anies Baswedan merupakan konten yang menyesatkan. Faktanya, bukan demi fokus memenangkan Anies Baswedan.

Cuplikan video pidato Sandiaga Uno itu adalah ketika Sandiaga secara resmi menyatakan mundur sebagai wakil gubernur DKI Jakarta pada tahun 2018 karena diajukan sebagai cawapres mendampingi Prabowo Subianto sebagai capres dalam Pilpres 2019.

DKPP Terima Ratusan Pengaduan Pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu sepanjang 2024

Dilansir dari Cekfakta.com, sebagaimana dicuplik dari Detikcom, berikut transkrip pidato Sandiaga di video tersebut:

Oposisi Diperlukan agar Ada yang Mengingatkan kalau Ada Penyimpangan, Menurut Pakar BRIN

“Mempertimbangkan betapa besar tugas seorang Wakil Gubernur, betapa berat kerja di Jakarta dan menghindari risiko Politisasi jabatan, menjauhkan dari mudarat pejabat yang mengintervensi dan menyalahgunakan birokrasi, anggaran, dan fasilitas, maka saya memilih ikhlas berkorban untuk tidak mengambil cuti, dan mendahulukan kepentingan warga Jakarta juga aspirasi rakyat Indonesia di atas kepentingan diri ataupun golongan,” kata Sandiaga saat pidato di sidang paripurna di gedung DPRD DKI, Jl Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin, 27 Agustus 2018.

“Dalam kaitan ini, pilihan saya mengambil sikap menyatakan berhenti secara resmi sebagai Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta masa bakti 2017-2022 didasari atas komitmen dan tanggung jawab memberikan ruang dan kepastian kepada Wakil Gubernur yang nanti akan menggantikan saya agar dapat bekerja maksimal bersama Bapak Gubernur,” papar Sandiaga.

Surat pernyataan mundur disampaikan Sandiaga kepada gubernur DKI Anies Baswedan pada 10 Agustus 2018. Surat tersebut kemudian diserahkan kepada DPRD DKI pada hari yang sama.

Selanjutnya, hasil dari sidang paripurna pemberhentian Sandiaga hari ini akan disampaikan ke Presiden Joko Widodo (Jokowo) melalui Menteri Dalam Negeri. Selain itu, saat ini Sandiaga masih menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Tidak ditemukan informasi yang valid bahwa Sandiaga mundur dari Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

BUKAN demi fokus memenangkan Anies Baswedan. Cuplikan video pidato Sandiaga Uno itu adalah ketika Sandiaga secara resmi menyatakan mundur sebagai wakil gubernur DKI Jakarta pada tahun 2018 karena dicalonkan sebagai cawapres mendampingi Prabowo Subianto sebagai capres dalam Pilpres 2019.

Sumber: https://cekfakta.com/focus/12530

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya