Cek Fakta: Ibu Ida Dayak Sembuhkan Ashanty setelah Temukan Sesuatu yang Tak Lazim

Jepretan layar channel YouTube Berita Seleb pada 17 April 2023 mengunggah video dengan klaim bahwa Ibu Ida Dayak berhasil mengobati Ashanty Hermansyah.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA Fakta – Channel YouTube Berita Seleb (https://www.youtube.com/@beritaseleb2779) pada 17 April 2023 mengunggah video dengan klaim bahwa Ibu Ida Dayak berhasil mengobati Ashanty Hermansyah.

Marah Anggotanya Disiksa, ISIS Rilis Video Ancam Bunuh Presiden Putin: Berhenti Siksa Anggota Kami!

Saat proses pengobatan berlangsung, Ibu Ida Dayak menemukan sesuatu yang tak lazim pada diri Ashanty berupa gumpalan darah yang pada akhirnya berhasil ia keluarkan. Setelah mendapat perawatan dari Ibu Ida Dayak, Ashanty mengaku merasa sehat dan bugar kembali.

Berdasarkan hasil penelusuran, faktanya tidak ada pemberitaan resmi terkait klaim seperti yang disebutkan pada unggahan. Selain itu, foto yang dipakai pada video tersebut pun merupakan hasil suntingan dari beberapa sumber yang berbeda. Foto pertama yang menampilkan Ibu Ida Dayak yang tengah mengobati Ashanty nyatanya diambil dari channel YouTube Cumicumi (https://www.youtube.com/@cumicumicom).

Kasus DBD di Depok Melonjak, Wali Kota Keluarkan SE Kesiapsiagaan Cegah KLB

Dari video asli yang telah diunggah pada 15 Juni 2016, diketahui bahwa Ashanty dilarikan ke rumah sakit karena mengalami demam tinggi ketika kehamilannya berusia lima bulan.

Mengenal Flu Singapura yang Akhir-akhir Ini Merebak di Indonesia

Selain itu, terdapat pula foto yang menampilkan Ibu Ida Dayak, Ashanty, dan Aurel yang tengah berada di rumah sakit dengan narasi yang menyebutkan bahwa Ibu Ida Dayak berhasil menyembuhkan Ashanty.

Pada kenyataannya, foto tersebut diambil dari unggahan channel YouTube milik keluarga Anang Hermansyah (https://www.youtube.com/@TheHermansyahA6world) yang diunggah pada 9 Februari 2023. Dalam video asli tersebut, terlihat bahwa Ashanty tengah berbaring di ranjang rumah sakit ditemani oleh kedua putrinya, Aurel dan Arsy.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh Berita Seleb merupakan konten yang dimanipulasi.

Unggahan video dengan klaim bahwa Ibu Ida Dayak berhasil menyembuhkan Ashanty Hermansyah merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya, foto yang dipakai pada video merupakan hasil suntingan dari beberapa sumber yang berbeda.

Sumber: https://cekfakta.com/focus/12601

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya