Cek Fakta: Video Jokowi Lantik Ahok Jadi Kepala Otorita IKN Nusantara

Jepretan layar (screenshot) sebuah video yang diklaim Presiden Jokowi melantik Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara beredar di media sosial.
Sumber :
  • Cekfakta.com

Jakarta – Sebuah video yang diklaim Presiden Jokowi melantik Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 3 Juni 2023. Akun Facebook tersebut mengunggah video berjudul "UPDATE TERKINI RESMI DI LANTIK HARI INI AKHIRNYA AHOK DIPERCAYA PIMPIN NUSANTARA".

Presiden Jokowi Ajak Anak Yatim Beli Baju Lebaran di Hari Terakhir Ramadan

Video berdurasi 10 menit 22 detik itu menampilkan gambar thumbnail Presiden Jokowi dan Ahok yang tampak berjabatan tangan. Jokowi terlihat mengenakan setelan jas berwarna hitam dan Ahok mengenakan seragam gubernur berwarna putih.

Video tersebut kemudian dikaitkan dengan kabar bahwa Jokowi telah melantik Ahok sebagai Kepala Otorita IKN Nusantara. "resmi di Lantik hari ini, presiden menunjuk ahok untuk pimpin IKN," tulis akun Facebook tersebut.

Refly Harun Harap Tulisan Megawati Ilhami Hakim MK Ambil Keputusan Sengketa Pilpres

Benarkah dalam video itu Presiden Jokowi melantik Ahok sebagai Kepala Otorita IKN Nusantara? Berikut penelusurannya.

Jokowi Issues Presedential Decree on FATF Membership

Dilansir dari Cekfakta.com, Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video yang diklaim Presiden Jokowi melantik Ahok sebagai Kepala Otorita IKN Nusantara. Penelusuran mula-mula dilakukan dengan memasukkan kata kunci "jokowi lantik ahok jadi kepala otorita ikn nusantara" di kolom pencarian Google Search. Hasilnya, tidak ada informasi dari media arus utama yang mengabarkan kabar tersebut.

Penelusuran kemudian dilanjutkan dengan mengunggah gambar thumbnail dalam video itu ke situs Google Search. Hasilnya terdapat gambar identik ditemukan di artikel berjudul "Jokowi Lantik Ahok" yang dimuat situs mediaindonesia.com pada 19 November 2014.

Foto tersebut ternyata merupakan peristiwa pelantikan Ahok sebagai gubernur DKI Jakarta di Istana Negara pada 19 November 2014. Berikut gambar tangkapan layarnya. "Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengucapkan sumpah saat dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (19/11). Ahok menjadi gubernur menggantikan Jokowi yang naik tahta menjadi presiden," demikian narasi dalam foto tersebut.

Dalam video berdurasi 10 menit 22 detik itu juga tidak menampilkan pelantikan Ahok sebagai Kepala Otorita IKN Nusantara. Narasi yang disampaikan narator dalam video itu mirip dengan artikel berjudul "Ahok Didukung Dewan Adat Dayak Pimpin Ibu Kota Negara Baru, Ormas Sodorkan 2 Nama Pendamping" yang dimuat situs kaltim.tribunnews.com pada 13 Maret 2020.

Sementara, dilansir dari situs presidenri.go.id, IKN Nusantara saat ini dipimpin oleh Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe. Mereka dilantik sebagai Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN oleh Presiden Jokowi pada 10 Maret 2022 di Istana Negara.  

Video yang diklaim Presiden Jokowi melantik Ahok sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara ternyata tidak benar alias hoaks. Faktanya, tidak ada informasi valid yang mendukung kabar tersebut.

Sumber: https://cekfakta.com/focus/12781

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya