Cek Fakta: Surat Wasiat Gus Dur Ramal Anies Baswedan Jadi Presiden pada 2024

Jepretan layar (screenshot) sebuah akun Facebook bernama Surduaa mengunggah video dengan durasi 10 menit berjudul “Heboh Isi Surat Wasiat Gusdur Ternyata Gusdur Ramal Anies Jadi Presiden 2024”.
Sumber :
  • Cekfakta.com

Jakarta – Sebuah akun Facebook bernama Surduaa mengunggah video dengan durasi 10 menit berjudul “Heboh Isi Surat Wasiat Gusdur Ternyata Gusdur Ramal Anies Jadi Presiden 2024”. Selain itu, dalam narasinya juga disebutkan bahwa Ganjar sudah tamat karena seluruh ulama NU sepakat dukung Anies capres 2024.

Sebut Sahabat Lama, Prabowo Unggah Foto Ketemu Surya Paloh Deklarasi Nasdem Bergabung

Berdasarkan hasil penelusuran, narasi pada video tersebut hanya membacakan artikel wartaekonomi.id berjudul “Mencengangkan! Blak-blakan Sebut Anies Baswedan Pantas Jadi Pemimpin Indonesia, Alasan Pak Kiai Nggak Main-main: Dia Tahu Betul Mengenai…“ yang terbit pada 14 Maret 2023.

Pada artikel tersebut dituliskan beragam dukungan mulai berdatangan kepada Anies Baswedan, salah satunya dalam kunjungannya ke Pondok Pesantren Husnul Khotimah, Kuningan, Jawa Barat.

Isu Partai Rival Gabung Dukung Prabowo, Sangap Surbakti Khawatir Bisa Jadi Duri dalam Daging

Bakal calon presiden usungan Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan (tengah) saat menyapa warga di Pondok Pesantren Darul Muttaqin, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu, 24 Mei 2023.

Photo :
  • ANTARA/Vicki Febrianto

Mewakili ulama dan tokoh masyarakat setempat, KH Dodo Syarif Hidayatullah mengungkapkan Anies Baswedan mampu memimpin Indonesia yang terkenal dengan keanekaragamannya.

KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

Selain itu, narasi pada video tersebut juga serupa dengan isi artikel djawanews.com yang diunggah pada 23 Agustus 2022, berjudul “Tak Bisa Dihiraukan, Duet Anies-AHY Unggul di Tiga Simulasi Pilpres 2024.”

Artikel tersebut menuliskan hasil Survey Independen yang menunjukkan duet Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) unggul dari pasangan lainnya pada tiga simulasi Pilpres 2024.

Narasi pada video tersebut identik pula dengan artikel nasional.sindonews.com yang terbit pada 22 Agustus 2022, berjudul “Anies-AHY Berpeluang Diusung Jika PKS, NasDem, Demokrat Berkoalisi.”

Sebagaimana dilansir dari Cekfakta.com, mengutip dari merdeka.com, justru Gus Dur menyebut Prabowo akan menjadi presiden pada masa tua.

Jelang Pilpres 2024, tak sedikit masyarakat yang mengaitkan ramalan mantan presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yang pernah menyebut Prabowo akan menjadi presiden pada masa tuanya. Ramalan Gus Dur tersebut kembali disampaikan cucu pendiri NU KH Hasyim Asyari, KH Irfan Yusuf Hakim atau Gus Irfan saat bertemu Prabowo di Pondok Pesantren Tebuireng.

Informasi menyesatkan. Pada video tersebut tidak ada pembahasan soal Gus Dur yang meramal Anies Baswedan sebagai Presiden 2024. Selain itu, pada hasil pencarian di Google dengan kata kunci “Gus Dur ramal Anies jadi Presiden 2024,” tidak ditemukan pemberitaan terkait hal tersebut.

Sumber: https://cekfakta.com/focus/12837

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya