Cek Fakta: Puan Maharani Tawarkan Diri Jadi Cawapres Anies Baswedan

Jepretan layar (screenshot) Kanal Youtube LIDAH RAKYAT mengunggah video dengan klaim Puan Maharani menawarkan diri menjadi calon wakil presiden yang akan mendampingi Anies Baswedan.
Sumber :
  • Cekfakta.com

Jakarta – Kanal Youtube LIDAH RAKYAT mengunggah video dengan klaim Puan Maharani menawarkan diri menjadi calon wakil presiden yang akan mendampingi Anies Baswedan. Disebutkan bahwa Puan mengambil keputusan tersebut akibat dirinya tidak terpilih sebagai calon presiden yang akan diusung oleh partainya, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

PDIP Tak Mau Pusing Mikirin Jokowi dan Gibran yang 'Bakar' Rumahnya Sendiri

Namun dalam video tersebut tidak ada informasi yang menyebutkan bahwa Puan menawarkan diri untuk menjadi cawapres Anies Baswedan. Narasi dalam video identik dengan artikel yang diunggah Gelora dengan judul “Nama Puan Masuk Bursa Cawapres Anies Baswedan, Elite PDIP: Monggo Tak Kami Halangi.”

Dalam artikel tersebut, Ketua DPP PDIP Said Abdullah mengaku tak masalah jika nama Puan Maharani masuk dalam radar sebagai bakal calon wakil presiden Anies Baswedan di Pilpres 2024. Said mengatakan PDIP tidak akan menghalang-halangi wacana tersebut.

Prabowo Gandeng PKB dan Nasdem, Gibran: Ini Bukan Meninggalkan PDIP

Melansir Viva, Puan mengaku tidak masalah dirinya masuk ke dalam bursa cawapres Anies. Menurutnya, dinamika tersebut wajar terjadi di dalam dunia politik. Ia menyebutkan hal tersebut adalah hal yang wajar ketika sedang mencermati bakal cawapres, sehingga akan muncul berbagai nama, termasuk dirinya.

Nasdem Bakal Gabung Koalisi Prabowo-Gibran, PKS Sebut Surya Paloh Cantik Bermain Politik

Masuknya nama Puan Maharani sebagai cawapres Anies oleh diungkap anggota Tim 8 Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Dadang Dirgantara, merespons masuknya nama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dalam bursa bakal cawapres pendamping bakal capres PDIP, Ganjar Pranowo.

Tidak ada informasi mengenai Puan Maharani yang menawarkan dirinya sebagai cawapres Anies Baswedan akibat tidak terpilih sebagai capres PDIP. Narasi dalam video hanya berisi tanggapan Ketua DPP PDIP masuknya nama Puan Maharani dalam radar sebagai bakal cawapres Anies.

Sumber: https://cekfakta.com/focus/12838

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya