Cek Fakta: Video PKI Dukung Anies

Jepretan layar (screenshot) sebuah unggahan Youtube yang mengklaim Anies Baswedan didukung oleh PKI disertai foto Kapolri Listyo Sigit Prabowo tengah menunjukkan bukti video dukungan PKI kepada Anies.
Sumber :
  • Cekfakta.com

Jakarta – Beredar sebuah unggahan Youtube yang mengklaim Anies Baswedan didukung oleh Partai Komunis Indonesia (PKI). Unggahan itu menampilkan thumbnail dengan foto Kapolri Listyo Sigit Prabowo tengah menunjukkan bukti video dukungan PKI kepada Anies. Di sampingnya terlihat Jokowi dan Ma’ruf Amin seolah-olah sedang menyaksikan video dukungan PKI kepada Anies Baswedan.

PDIP Tak Mau Pusing Mikirin Jokowi dan Gibran yang 'Bakar' Rumahnya Sendiri

Berdasarkan hasil penelusuran menggunakan Google Image Search, ditemukan kemiripan foto Listyo Sigit Prabowo yang membawa laptop. Foto aslinya adalah saat ia melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan pada Maret 2022. Foto asli tersebut dapat dilihat pada artikel strategi.id dengan judul “Kapolri Lapor SPT Tahunan, Ajak Masyarakat Taat Pajak.”

Ditemukan pula foto identik Joko Widodo dan Ma’ruf Amien yang sedang memakai kemeja batik. Berdasarkan pencarian Google Image Search, foto aslinya saat Jokowi mengumumkan Kabinet Indonesia Maju pada Oktober 2019. Beberapa foto tersebut dimanipulasi menjadi satu frame, seolah-olah mereka menyaksikan video PKI mendukung Anies secara bersama-sama.

Menlu Singapura Bertemu Jokowi di Istana Negara, Ini yang Dibahas

Selain thumbnail yang dimanipulasi, beberapa cuplikan video yang disajikan tidak ada kaitannya dengan dukungan PKI kepada Anies. Justru, salah satu video menunjukan peristiwa pembakaran bendera PKI oleh Kiai dan Ulama di depan DPRD Sampang, Jawa Timur, pada 2022.

Anies Buka Peluang Maju Pilgub Jakarta: Saya Baru Satu Periode

Thumbnail pada video dimanipulasi dengan menggabungkan beberapa gambar menjadi satu frame. Cuplikan video merupakan peristiwa pembakaran bendera PKI oleh Kyai dan Ulama di Sampang, Jawa Timur.

Sumber: https://cekfakta.com/focus/13434

Presiden Jokowi bersama Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri (Menlu) Singapura Vivian Balakrishnan beserta delegasi di Istana Merdeka, Jakarta, pada Ju

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024