Untung Rugi Ikut Tren Mukbang

Rica, BJ mukbang
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Bagi generasi milenial, segalanya harus serba online. Mulai dari chatting (live chat), karaoke (tik tok), make-up hingga kegiatan makan juga disiarkan secara online lewat youtube dan instagram.

Ustaz Khalid Basalamah Larang Ajarkan Anak Menabung sampai Tentang Nonton Mukbang Saat Puasa

Meski sederhana, memposting kegiatan makan ke medsos ini belakangan malah menjadi tren di berbagai belahan dunia. Orang-orang mengenal tren dari Korea Selatan ini dengan sebutan mukbang. 

Bagi Anda yang senang berselancar di dunia maya, mungkin sering melihat video-video mukbang berseliweran. 

Nonton Mukbang Saat Puasa, Ustaz Wijayanto Bilang Begini

Ya, mukbang adalah tayangan video yang memperlihatkan orang makan. Kata mukbang berasal dari “muk-ja” dan “bangsong” yang memiliki arti makan dan broadcast (siaran). Singkatnya, mukbang adalah tayangan seseorang yang sedang menyantap makanan dan biasanya disiarkan secara live.

Para pelaku mukbang ini biasanya disebut sebagai broadcast jokey (BJ). Untuk jadi seorang BJ tak perlu terkenal, dengan mengandalkan interaksi yang menarik dan unik, semua orang bisa jadi BJ yang hit.

Profil Lengkap Tzuyang, Food Vlogger Terkenal Asal Korea Selatan

Gaya makan yang bikin ngiler, beserta review dari BJ membuat para warganet betah nonton video itu sampai habis (biasanya durasi 10-15 menit).

Belum jelas kapan dan bagaimana tren ini dimulai. Namun Simon Stawski, blogger tenar asal Kanada yang pindah ke Korea Selatan pada 2008 mengatakan bahwa dirinya menyadari tren mukbang pertama kali di tahun 2014.

Dilansir laman Today Food, ia mengatakan bahwa tren mukbang ini ibarat virus di Korea Selatan yang cepat sekali menyebar. Hanya dalam waktu 1 tahun (2015) tren mukbang sudah menyebar ke mancanegara.

"Bukan hal yang umum di Korea jika seseorang mengunjungi restoran dan pergi makan sendirian," ujar Stawski. 

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa makan adalah aktivitas sosial yang wajib dilakukan bersama seseorang.

"Jika orang tersebut betul-betul sendirian dan tak ada orang yang bisa diajak makan ke luar, maka pilihannya adalah makan sendiri di rumah. Namun jika makan sendirian pun terasa 'aneh' maka mereka akan mencari teman makan secara online. Itulah asal muasal mukbang," ujarnya. Selanjutnya mukbang semakin populer saat tayangan tv Korea Afreeca TV menayangkan para BJ handal.

Belakangan, untuk menarik jempol warganet, para BJ mulai mencari sensasi. Mereka melahap makanan dalam porsi super jumbo (melampaui porsi orang normal). 

Misalnya dalam satu waktu, para BJ bisa menghabiskan 5 mangkuk besar mi instan, satu baskom ayam goreng atau 4 loyang besar pizza sekaligus. Menunya bermacam-macam, dari mulai seafood, makanan khas Korea, Jepang, desert, fast food bahkan menu-menu khas Eropa. 

Tak cukup sampai di situ, para BJ juga sering melakukan 'challenge' untuk dirinya sendiri, misalnya dengan memakan 50 ribu kalori dalam satu waktu, atau 200 buah cabai dalam 2 mangkuk mi instan, dan lain sebagainya demi rating.

Laman Trending all day pernah menulis soal pendapatan dan rating para BJ ini. Di Korea Selatan, seorang BJ bisa mendapatkan 9 ribu USD atau kurang lebih Rp122 juta perbulan.

Soal viewers jangan ditanya. Trinity misalnya, BJ asal Australia ini bisa mengundang 1,2 juta penonton dalam waktu kurang dari 6 bulan, saat dirinya makan 5 porsi mi ramen samyang super pedas. Lalu Banzz, BJ asal Korea bisa tembus 4 juta penonton dalam waktu 3 bulan dan 1,5 subsciber yang senang menonton dirinya mengunyah satu baskom babi panggang.

Menjalar sampai ke Indonesia

YouTuber cantik Korea Selatan, Tzuyang mukbang 28 menu Sambal Bakar Indonesia

Heboh, Food Vlogger Tzuyang Mukbang 28 Menu Sambal Bakar Ala Nusantara

Tzuyang merupakan seorang konten kreator yang memiliki pengikut hingga 9,53 juta di YouTube. Dia kerap membuat video-video mukbang di chanel YouTube miliknya.

img_title
VIVA.co.id
31 Maret 2024