Kartu Sakti Jokowi hingga Sindiran FPI untuk LSI Denny JA

Presiden yang juga calon petahana, Joko Widodo, menunjukkan Kartu Indonesia Pintar.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA – Berita Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengumumkan salah satu program andalannya jika terpilih kembali menjadi presiden pada pemilu mendatang menjadi artikel yang paling banyak mendapat sorotan dari pembaca VIVA pada Rabu, 3 April 2019. Program andalan itu adalah 'kartu sakti'.

Alasan Sakit, Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Mangkir Panggilan KPK

Mantan gubernur DKI Jakarta tersebut menyampaikannya saat kampanye di Gelanggang Olahraga Bung Hatta, Ngawi, Jawa Timur, Selasa malam, 2 April 2019. Dalam paket program kartu sakti, Jokowi memperkenalkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk para lulusan SMA/SMK/MA yang kurang mampu agar bisa kuliah atau melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.   

Selain itu, Kartu Prakerja, di mana kartu itu bermanfaat bagi masyarakat yang belum bekerja selepas kuliah. Di samping itu, kartu sakti untuk harga kebutuhan pokok rumah tangga yang terjangkau atau murah.

Apple Kehilangan Posisi sebagai Perusahaan Smartphone Teratas, Kalah Saing dengan Samsung

Sementara itu, artikel kedua yang paling banyak dibaca adalah soal Front Pembela Islam (FPI) yang merespons hasil survei yang dikeluarkan Lembaga Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA. Salah satu hasil survei yang dirilis LSI terkait keterpihakan dengan merangkul suara pemilih FPI.

Juru Bicara FPI Munarman menyindir hasil survei tersebut. Dia menegaskan bahwa tak ada satupun anggota FPI yang menjadi responden survei LSI.

Tim Cook Puts Investment to Build Apple Developer Academy in Indonesia

Di posisi ketiga, berita tentang Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menganggap kasus Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang sering menimpa politikus merupakan hal yang biasa terjadi. Karena itu, dia mendesak presiden terpilih harus bertanggung jawab untuk memberantas korupsi.

Selain ketiga artikel terpopuler tersebut, berita yang banyak dibaca, yakni aktor utama film Shazam!, Zachary Levi yang ternyata pernah bermain singkat dalam film Thor: Ragnarok. Selain itu, berita tentang Samsung Galaxy A10 akan resmi dijual di Indonesia pada Kamis, 4 April 2019, dan Galaxy A20 pada Jumat, 5 April 2019.

Berikut ini daftar lengkap lima isu terhangat di VIVA sepanjang Rabu, 3 April 2019.

1. Jika Kembali Jadi Presiden, Jokowi Tak Lagi Fokus Bangun Infrastruktur

Presiden yang juga calon petahana, Joko Widodo, menunjukkan Kartu Indonesia Pintar.

Calon Presiden Joko Widodo mengumumkan lagi salah satu program andalannya yang dia sebut “kartu sakti” saat dia berkampanye di Gelanggang Olahraga Bung Hatta, Ngawi, Jawa Timur, pada Selasa malam, 2 April 2019.

Dalam paket program kartu sakti, Jokowi memperkenalkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) khusus untuk para lulusan SMA/SMK/MA yang kurang mampu untuk kuliah atau melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. KIP kuliah itu bagian dari paket KIP untuk pendidikan dasar dan menengah (SD, SMP, dan SMA), selain juga program Kartu Indonesia Sehat untuk jaminan kesehatan bagi masyarakat kurang mampu.

Jokowi perlu mengingatkan lagi tentang KIP kuliah itu karena, berdasarkan hasil survei termutakhir, ternyata hanya 27 persen masyarakat yang mengetahui program itu. “… berarti perlu dikenalkan [lagi], dan tolong ini dikenalkan pada masyarakat.”

Baca selengkapnya di sini

2. Respons Survei LSI Denny JA, FPI: Kalau Ngibul Jangan Kebangetan Gitu
Massa dari Front Pembela Islam (FPI) melakukan aksi mengawal sidang putusan gugatan praperadilan atas SP3 kasus Rizieq Shihab di Pengadilan Negeri Bandung, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

Lembaga Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil survei terbarunya yang salah satunya terkait keterpilihan dengan merangkul suara pemilih Front Pembela Islam atau FPI. Merespons hasil survei tersebut, FPI merespons dengan sindiran.

"LSI Denny JA kalau lagi ngibul gitu deh. Entar di bilang pemilih FPI ingin tinggal di bulan," kata Juru Bicara FPI, Munarman kepada VIVA, Selasa malam, 2 April 2019.

Munarman mengkritik jangan sampai LSI Denny JA menyalahgunakan ilmu statistik. Penyalahgunaan ini dengan membentuk opini. "Kalau ngibul dan menghayal jangan yang kebangetan gitu deh. Itu sudah bisa disebut ‘survey collar crime’  menyalahgunakan ilmu statistik," tutur Munarman.

Baca selengkapnya di sini

3. Fahri Hamzah Desak Presiden Terpilih Tanggungjawab Berantas Korupsi    

Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah berikan keterangan usai memimpin Rapat Kerja Tim Pengawas (Timwas) Bencana DPR RI.

Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah, menganggap kasus Operasi Tangkap Tangan seperti yang dialami Politisi Golkar, Bowo Sidik Pangarso merupakan hal-hal yang sudah biasa terjadi. Kasus ini tentu mendatangkan frustrasi.

"Sebenarnya mengulang hal yang sering dibahas. Mendatangkan frustrasi saya rasa, kebetulan terjadi di Pemilu," kata Fahri di ILC 'Serangan Fajar', Selasa 2 April 2019.

Fahri pun menceritakan bagaimana rendahnya “harga” anggota dewan bagi pengusaha di daerah. Kala itu Fahri pernah duduk bersama dalam sebuah acara dan anggota dewan hanya “dihargai” Rp2,5 juta.

Baca selengkapnya di sini

4. Aktor Utama Shazam! Ternyata Juga Main di Thor: Ragnarok

Zachary Levi

Zachary Levi akhirnya mendapat kesempatan untuk memakai kostum superhero-nya sendiri. Levi berperan sebagai pahlawan super dalam film terbaru DC, Shazam!.

Sebelum Shazam!, Levi juga pernah muncul singkat di film Thor: Ragnarok, sebagai salah satu pasukan di Asgard. Namun karakternya langsung tewas di tangan Hela yang diperankan Cate Blanchett.

Zachary Levi rupanya tak merasa keberatan dengan kematiannya di Thor: Ragnarok. Saat premier Shazam!, kepada IGN, Levi mengungkap perasaannya.

Baca selengkapnya di sini

5. Samsung Galaxy A20 dan A10 Resmi Dijual di Indonesia, Cek Harganya

Gerai Samsung.

Raksasa teknologi Korea Selatan, Samsung, resmi mengumumkan penjualan ponsel pintar atau smartphone Galaxy A20 dan Galaxy A10 di Indonesia.

Menurut Head of IT and Mobile Business Samsung Electronics Indonesia, Denny Galant, Galaxy A10 mulai dijual pada Kamis, 4 April, sedangkan Galaxy A20 pada Jumat, 5 April 2019.

Ia mengatakan bahwa keduanya bisa didapatkan melalui e-commerce Lazada, JD.ID, Blibli.com, Erafone dan Telesindoshop. Untuk harga, Denny menuturkan Samsung Galaxy A20 dibanderol seharga Rp2,3 juta, sementara Galaxy A10 sebesar Rp1,8 juta.

Baca selengkapnya di sini

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya