Celana Cingkrang ASN, Lem Aibon Rp82 M, #TransmartBankMegaNyebong

Menteri Agama Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA – Celana cingkrang masih menyisakan banyak kontroversi, kali ini datang dari Menteri Agama, Fachrul Razi. Menag menyindir Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memakai celana cingkrang. Berita itu pun menjadi yang paling banyak dibaca di VIVAnews.

Pelanggaran ASN dalam Pilkada Paling Banyak di Media Sosial, Menurut Ketua Bawaslu

Sementara, berita tentang pengadaan lem aibon pun masih cukup ramai dibaca. Kepala Sub-Bagian (Kasubbag), Sudarman, buka suara terkait viralnya ajuan anggaran ini di media sosial. Menurutnya, item ini dilakukannya asal yang nantinya akan disesuaikan dengan kebutuhan riil.

Dari lapangan hijau, Liverpool berhasil percundangi Arsenal dalam lanjutan Piala Liga Inggris. The Reds pun lolos ke babak selanjutnya melalui drama adu penalti.

Liverpool Bakal Dapat Banyak Uang dari Liga Arab Saudi

Berikut lima berita paling populer di VIVAnews sepanjang hari Kamis, 31 Oktober 2019: 

1. Menag Sindir ASN yang Pakai Celana Cingkrang

Villa Vs Liverpool Imbang, Tak Ada Penyesalan dari Klopp

Menteri Agama Fachrul Razi

Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi menghadiri rapat koordinasi di Kementerian Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK). Dalam rapat tersebut, ia memberi catatan terkait radikalisme yang menurutnya sudah menyebar hingga jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN). 

"Ada yang ingin saya sampaikan, kesamaan sikap kita. Bapak presiden mengatakan bahwa masalah radikalisme adalah realitas, untuk kita semua kementerian yang ada di Indonesia. Mesti punya kesamaan sikap dengan hal ini," kata Fachrul di gedung Kemenko PMK, Jakarta, Kamis 31 Oktober 2019.

2. Pengakuan Pegawai Disdik yang Input Ajuan Lem Aibon Rp82 Miliar

Tanaman menghiasi bekas lokasi bambu getah getih di kawasan Bundaran HI.

Kepala Sub-Bagian (Kasubbag) TU Suku Dinas Pendidikan Jakarta Barat Wilayah 1 Sudarman mengaku bahwa input ajuan anggaran lem Aibon senilai Rp82 miliar dilakukan oleh dirinya. Menurut Sudarman, pemilihan item lem Aibon dilakukan asal karena deskripsi pagu anggaran nantinya akan disesuaikan lagi sesuai kebutuhan riil.

"Salah pilih. Jadi karena ada pilihan lain. Ada banyak pilihan lain juga. Artinya, saya tidak berpikir sampai sejauh ini, kebutuhan Aibon (yang diinput) itu menjadi viral sampai begini," ujar Sudarman di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu, 30 Oktober 2019.

3. Sindir Anies, #TransmartBankMegaNyebong Jadi Trending di Twitter

Trending di Twitter

Dua perusahaan yang didirikan pengusaha terkenal Chairul Tanjung diterpa isu tak sedap. Kedua perusahaan tersebut, yakni Transmart dan Bank Mega. Keduanya kedapatan menyindir Gubernur DKI Anies Baswedan tentang anggaran aneh yang bakal masuk ke APBD 2020.

Pantauan VIVAnews, Kamis 31 Oktober 2019, akun Twitter @mas_piyuuu, terlihat jika Twitter Transmart dan Bank Mega menuliskan kalimat seperti ini.

4. BPJS Kesehatan Naik, Buruh Demo

Kenaikan iuran BPJS Kesehatan mulai 1 Januari 2020

Serikat buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia atau KSPI menolak Peraturan Presiden Nomor 75 tahun 2019 terkait kenaikan iuran BPJS Kesehatan. Penolakan tersebut akan disampaikan melalui demonstrasi yang akan digelar hari ini, Kamis 31 Oktober 2019.

Sebagaimana diketahui, dalam Perpres tersebut, iuran BPJS Kesehatan kelas III yang sebelumnya Rp25.500 naik menjadi Rp42 ribu. Kelas II dari Rp51 ribu menjadi Rp110 ribu dan Kelas I dari Rp80 ribu menjadi Rp160 ribu. Kenaikan tersebut dianggap sangat merugikan rakyat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya