Majelis Taklim Harus Daftar, RI vs Malaysia Bisa Gagal Tanding

Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi di Jakarta. Jumat, 22 November 2019.
Sumber :
  • VIVAnews/ Eka Permadi

VIVA –  Akhir pekan bagi pembaca VIVAnews tak mengalihkan minat bacaan. Meski akhir pekan identik dengan santai, tapi berita yang banyak dibaca oleh pembaca VIVAnews tetap berita politik dan peristiwa.

Viral Fortuner Pelat Polri Ugal-ugalan, 2 Pemuda Tanggung Biadab Cekoki Lalu Perkosa Siswi SMP

Berita pertama yang banyak diklik oleh pembaca VIVAnews adalah tentang menteri Agama yang mengeluarkan edaran agar majelis taklim di seluruh Indonesia mendaftarkan diri ke Kementerian Agama. Kabar ini sontak menimbulkan reaksi pro dan kontra. Sebab, negara dianggap terlalu jauh masuk ke dalam ruang privat beragama.

Berita kedua terpopuler datang dari dunia olah raga. Berita soal kemungkinan gagal bertandingnya Timnas U-22 dengan Malaysia di SEA Games 2019 ternyata banyak dibaca. Sepertinya pertandingan antardua negara ini selalu menjadi pertandingan yang ditunggu publik. Wajar jika kemungkinan batalnya duel seru itu juga membuat pembaca penasaran dan akhirnya mengklik berita tersebut.

Terpopuler: Pelaku Penyiram Air Keras hingga Roberto Mancini Kagumi 4 Pemain Timnas Indonesia U-23

Sementara berita ketiga yang banyak dicari pembaca adalah berita tentang hilangnya aset First Travel senilai Rp853 miliar. Berita ini seolah melengkapi berita sebelumnya yang telah ramai, yaitu tentang sita aset First Travel yang menjadi milik negara.

Dua berita lainnya yang banyak ditunggu pembaca adalah berita tentang rencana reuni alumni 212 dan berita yang masih terkait dengan 212, yaitu berita tentang Habib Rizieq yang ingin pulang ke Indonesia. Dua berita tersebut terhitung banyak dibaca, mungkin publik penasaran apakah Rizieq Syihab akan berhasil pulang ke Indonesia dan hadir di reuni 212, yang akan digelar pada 2 Desember 2019.

Top News: 5 Negara dengan Militer Terkuat, Pangdam XIII/Merdeka Rotasi 3 Pati dan 5 Pamen

Berikut petikan lima berita yang paling populer di VIVAnews, pada 30 November 2019:
1. Permintaan Menteri Agama Fachrul Razi agar setiap majelis taklim mendaftarkan dirinya menuai aneka komentar. Sebagian tak setuju karena menganggap agama adalah ranah privat dan negara tak boleh mengintervensi. Namun Fahcrul Razi memastikan, bahwa pendafaran majelis taklim justru untuk membuka kemungkinan adanya bantuan dana dari presiden ke pengurus majelis taklim.

2. Berita soal kemungkinan Timnas U-22 gagal bertemu dnegan Malaysia di Sea Games 2019 ternyata menarik perhatian pembaca. Kondisi ini menyusul hasil minor yang diterima Harimau Malaya di laga kedua babak penyisihan Grup A. Publik pasti ingin tahu apa yang terjadi setelah ada kemungkinan Indonesia gagal bertanding melawan Malaysia.

3. Aset biro perjalanan haji dan umroh First Travel sebesar Rp853 miliar dikabarkan hilang. Padahal sebelumnya publik baru merasa jengkel setelah mendapat kabar aset First Travel akan diserahkan pada negara, sementara mereka yang tertipu dan kehilangan ternyata tak mendapat apa-apa.

4. 212, kelompok yang pernah turun hingga ratusan ribu orang dan memenuhi jalan di Jakarta berencana melakukan reuni pada Senin, 2 Desember 2019 lusa. Rencana reuni tersebut ternyata menarik perhatian pembaca. Mungkin pembaca ingn tahu apa saja yang akan dilakukan kelompok ini saat reuni nanti.

5. Dari Tanah Saudi, Habib Rizieq pernah menyampaikan bahwa ia memang dilarang pulang ke Indonesia. Ada surat yang menyatakan ia tak boleh pulang ke Indonesia. Melalui sebuah rekaman video, Rizieq memperlihatkan surat tersebut ke kamera, dan menceritakan isi surat itu. Pemerintah meminta Rizieq membuktikan ucapannya. Tanggapan pemerintah mendapat tanggapan balik dari pengacara Habib Rizieq.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya