Munarman Sindir Luhut-Prabowo, Bintang MU, dan Ibrahimovic Cetak Gol

Juru Bicara Front Pembela Islam (FPI), Munarman dikawal polisi untuk menjalani pemeriksaan di Polda Bali, Senin (13/2/2017).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Adiutama

VIVA - Sejumlah berita mewarnai laman VIVAnews sepanjang hari Sabtu, 4 Januari 2020. Kali ini, berita terpopuler dari kanal politik yaitu mengenai Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI), Munarman, yang menyindir Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD serta Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan terkait konflik dengan China di Laut Natuna.

Bongkar Artis yang Mesraan Sama Andrew Andika di Klub, Tengku Dewi: Katanya Khilaf karena Mabok

Berita kedua yang terpopuler datang dari dunia sepakbola. Salah satu tim raksasa Inggris, Manchester United, menjadi perhatian para pembaca. Maklum, klub yang dulunya garang tersebut kini masih tampil melempem di Liga Primer Inggris.

Hal itu tentunya tidak mengerankan jika tingkah polah para punggawa Setan Merah disorot oleh media. Belum lama ini, pemandangan mengejutkan muncul dari Carrington, kamp MU. Dua bintang mereka, Jesse Lingard dan Anthony Martial, langsung pulang, meski hanya baru 15 menit berada di lapangan.

Bendera Oxford United Berkibar di Kastil Bersejarah Jelang Playoff League One

Entah apa yang terjadi. Padahal, kehadiran dua pemain tersebut sangat dibutuhkan MU yang akan menghadapi Wolverhampton Wanderers akhir pekan ini.

Berita ketiga yang terpopuler masih dari dunia sepak bola. Tapi kali ini bergeser ke Liga Italia.

Posko Pengungsi-Rumah Warga Masuk Jalur Lahar Dingin Marapi, Mensos Risma Segera Lapor Jokowi

Salah satu klub elite negeri Pizza, AC Milan, mendatangkan bintang asal Swedia, Zlatan Ibrahimovic. Menariknya, saat bermain lagi untuk klub berjuluk Rossoneri itu, Ibrakadabra, langsung mencetak satu gol dalam pesta 9 gol tanpa balas melawan klub gurem Rhodense.

Meskipun pertandingan uji coba, dan melawan klub dari divisi lima Liga Italia, penampilan Ibrahimovic tentu jadi harapan para Milanisti. Seperti diketahui bersama, Milan kini dalam posisi yang tidak bagus di Serie A. Mereka tertinggal dengan para pesaing seperti Inter Milan, Juventus, bahkan Lazio dan AS Roma.

Selain ketiga berita di atas, masih ada dua berita lagi yang layak untuk dibaca oleh para pembaca sekalian. Pertama adalah mengenai update penanganan banjir di wilayah Jakarta dan sekitarnya (Jabodetabek). Hingga Sabtu, 4 Januari 2020, jumlah korban yang meninggal dunia mencapai 53 orang.

Kedua adalah adanya temuan Alquran yang tidak begitu banyak terkena lumpur akibat banjir di Banten. Tentu saja, temuan tersebut mengingatkan masyarakat akan kesucian Alquran dan Allah SWT yang maha kuasa atas segala sesuatu.

Berikut lima berita terpopuler di VIVAnews sepanjang Sabtu, 4 Januari 2020:

1. Munarman FPI Sindir Luhut dan Mahfud Tidak Galak ke China soal Natuna

Sikap Pemerintah China yang mengklaim Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) di Natuna dengan membiarkan kapal-kapal nelayan dari negara tersebut menangkap ikan menuai protes dari rakyat Indonesia. Apalagi, pejabat pemerintah RI yang tak galak dan lunak dalam polemik ini.

Sekretaris Umum DPP Front Pembela Islam (FPI), Munarman menyindir ketegasan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD serta Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. Ia mempertanyakan sikap keduanya yang merupakan dua pejabat tinggi negara.

"Rakyat Indonesia bertanya, apakah sikap kedua pejabat tinggi Indonesia tersebut cinta NKRI? Apakah sudah sesuai UUD 45 dan Pancasila?" kata Munarman, dalam keterangannya, Sabtu, 4 Januari 2020.

Sekretaris Umum FPI, Munarman.

Dia mengkritisi sikap yang tak tegas soal Natuna seperti menggadaikan kedaulatan ke China. Berbeda dengan ketegasan pemerintah ketika menghadapi polemik dengan rakyatnya sendiri yang sebagian umat Islam.

"Kok kedaulatan negara digadaikan ke China? Kok tidak seganas ucapan dan tindakannya ketika yang dihadapi rakyat sendiri dan umat Islam?" ujar Munarman.

2. Baru 15 Menit Latihan, 2 Bintang MU Langsung Pulang

Pemandangan mengejutkan muncul dari Carrington, kamp Manchester United. Dua bintang MU, Jesse Lingard dan Anthony Martial, langsung pulang, meski hanya baru 15 menit berada di lapangan. Ada apa?

Gelandang Manchester United, Jesse Lingard

Lingard datang pada pukul 09.31 waktu setempat. Namun, dia langsung memacu mobilnya, menuju ke kediaman pada 09.48 waktu setempat.

Di sisi lain, Range Rover warna hitam Anthony Martial meninggalkan Carrington pada 10.10 waktu setempat. Padahal, Martial baru datang 15 menit sebelumnya.

Pemain Manchester United, Anthony Martial.

Keduanya disinyalir mengalami sakit dan tak bisa tampil di laga melawan Wolverhampton Wanderers, akhir pekan ini.

3. Ibrahimovic Cetak Gol, AC Milan Menang 9-0

Striker veteran asal Swedia, Zlatan Ibrahimovic, menandai hari pertamanya kembali ke AC Milan dengan mencetak satu gol saat timnya menghancurkan Rhodense 9-0 dalam sebuah pertandingan ujicoba.

Striker berusia 38 tahun itu diperkenalkan ke publik dan media pada hari Jumat 3 Januari 2020. Dia bergabung kembali dengan mantan klubnya dengan status bebas transfer setelah kontraknya berakhir di dari LA Galaxy.

Striker AC Milan, Zlatan Ibrahimovic (tengah)

Dilansir Soccerway, Ibrahimovic selanjutnya berlatih pertama kali dengan rekan-rekan satu timnya di Milanello sebelum bermain dalam sebuah pertandingan eksibisi melawan Rhodense, tim kompetisi tingkat kelima Italia. Di pertandingan ini, Ibrahimovic mencetak gol ketiga AC Milan.

4. Korban Meninggal Banjir Jabodetabek Bertambah Jadi 53 Orang

Jumlah korban akibat banjir hingga tanah longsor di Jakarta, Jawa Barat dan Banten, hingga Sabtu tadi pagi sudah sebanyak 53 orang.

Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi (Kapusdatinkom) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo mengatakan, hingga pagi tadi, pihaknya mencatat korban sebanyak 53 jiwa dan satu dinyatakan masih hilang.

"Jumlah korban banjir dan longsor yang melanda DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat bertambah. Korban meninggal dunia tercatat per 4 Januari 2020, pukul 10.00 WIB menjadi 53 orang dan 1 orang hilang," ujar Agus dalam keterangan persnya, Sabtu 4 Januari 2020.

5. Relawan Temukan Alquran Tak Tersentuh Lumpur Banjir Banten

Relawan Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Wahdah, Jumardan, menemukan sebuah kitab suci Alquran yang sama sekali tidak tersentuh lumpur banjir di Pondok Pesantren La Tansa, Kampung Parakansantri, Banjar Irigasi, Lebakgedong, Kabupaten Lebak, Banten, Sabtu 4 Januari 2020.

"Mushaf Alquran ini hanya tersentuh sedikit lumpur pada bagian sampul, sedangkan bagian dalamnya utuh masih jelas terbaca," ujarnya melalui rilis yang diterima VIVAnews, Sabtu, 4 Januari 2020.

Alquran yang tidak tersentuh lumpur banjir Banten.

Jumardan mengaku tak percaya, dan tidak masuk akal jika Alquran itu tidak kotor dan basah, karena air yang merendam kawasan tersebut sangat besar.

"Masya Allah, inilah kuasa Allah,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya